Wisata Sekitar Tokyo: Kamakura

Banyak sekali traveler asal Indonesia yang berkunjung ke Tokyo dan langsung ke Osaka atau Kyoto. Padahal ada wisata sekitar Tokyo yang menjadi favorit orang Jepang: Kamakura.

Kamakura tidak terlalu jauh dari Tokyo, hanya 1.5 jam menggunakan kereta biasa. Selama 10 hari di Jepang, saya mengunjungi Kamakura di hari ke-4. Sialnya, saya mengunjungi Kamakura saat golden week, saat semua orang Jepang libur dan pergi berlibur. Karena itu, Kamakura saat saya ke sana rame banget.

Baca juga: 10 Hari Backpacker ke Jepang

Tapi menurut saya dengan keramaian itu, saya jadi tau kalau Kamakura semacam β€œshort escape” buat orang Tokyo. Karena lokasi yang dekat dan salah satu tempat wisata sekitar tokyo yang bagus. Sehingga banyak sekali orang Tokyo yang pergi ke Kamakura dengan β€œOne day trip.”

wisata sekitar tokyo

Kamakura ramai saat golden week

Sama dengan saya. Saya ke Kamakura hanya one day trip, datang pagi pulang sore. Karena memang tempat wisata tidak terlalu banyak, jadi saya hanya berencana satu hari. Jika kamu ingin dua hari, kamu bisa pergi ke Enoshima di hari kedua, pulau yang terhubung dengan jembatan dari Kamakura. Kemarin saya tidak sempat untuk pergi ke sana karena waktu yang tidak cukup dan terlalu lelah berjalan haha

Transportasi di Kamakura

Ada dua opsi kereta untuk menuju ke Kamakura. Pertama menggunakan JR Line dan kedua menggunakan Kamakura-Enoshima Pass. Jika menggunakan JR line, kamu bisa menggunakan JR Yokosuka Line dari Tokyo station dengan tujuan Kamakura Station, dengan harga 920 JPY.

Detail dari Kamakura Pass

Tapi, jika kamu PP dari Tokyo, saran saya mending beli Kamakura-Enoshima Pass punya Odakyu Line. Dengan harga 1470 JPY, kamu dapat akses PP dari Shinjuku dan pass Enoden Line di sekitar Kamakura. Untuk membelinya kamu bisa berkunjung ke sini.

Kamakura Pass yang saya beli secara terpisah seharga 700 JPY.

Tapi, pass di atas tidak termasuk transportasi antar wisata di Kamakura. Karena, antar wisata di Kamakura mayoritas hanya bisa dijangkau dengan bus, dan pass di atas tidak termasuk pass untuk bus tersebut. Karena itu, banyak sekali warga lokal dan turis yang berjalan kaki, tidak banyak yang menggunakan bus.

Bagaimana jika asalmu bukan dari Tokyo? Sama seperti saya yang PP dari Fujisawa. Kamu bisa membeli Kamakura Pass seharga 700 JPY untuk satu hari. Jalurnya sama dengan di atas, hanya minus PP menuju Tokyo saja. Detail lebih lanjut bisa dilihat di sini.

Kereta Enoden Line ter-cover oleh Kamakura Pass

Wisata di Kamakura

Mayoritas wisatawan turun di Kamakura Sta. dan jalan kaki ke semua wisata yang ada. Itu karena kereta hanya melewati 3 tempat di Kamakura dan untuk menuju ke tempat wisata, kamu bisa menggunakan bus. Bus pun tidak termasuk Kamakura Pass, seperti yang saya jelaskan di atas.

Jalanan di Kamakura sangat tradisional

Setelah turun di Kamakura Sta., Tujuan pertamamu adalah Tsurugaoka Hachimangu Shrine. Untuk menuju ke sini kamu hanya perlu berjalan kaki selama 10 menit. Sama seperti shrine lainnya, masuk ke sini itu gratis. Meskipun jika kamu ingin berdoa, kamu bisa memberi uang seikhlasnya.

Tsurugaoka Hachimangu Shrine dari bawah

Detail dari Tsurugaoka Shrine.

Tujuan selanjutnya adalah Hokokuji Temple. Menurut saya tempat ini adalah wisata terbaik di Kamakura, dengan perpaduan bambu-bambu seperti di Kyoto. Sayangnya, perjalanan ke sini memakan waktu 25 menit jalan kaki dari Tsurugaoka Hachimangu. Sehingga, tidak banyak orang yang berniat untuk ke sini karena jauh. Padahal, tempat-nya sangat bagus. Untuk masuk ke sini kamu hanya perlu membayar 200 JPY. Jika kamu membayar 700 JPY, kamu bisa mendapatkan green tea gratis dan menikmatinya dengan pemandangan bambu-bambu yang indah.

Hokokuji Temple tampak depan

Bambu-bambu di Hokokuji Temple

Dari Hokokuji Temple, banyak orang yang menyerah dan naik bus, tapi saya tidak. Haha (hemat uang lebih tepatnya) Dari sini kamu bisa ke Benten Zeniarai Shrine. Karena untuk menuju ke sana kamu harus melewati Kamakura Sta., maka bisa dibayangkan jaraknya jauh sekali dari Hokokuji. Padahal, dari Kamakura Sta. kamu harus berjalan sekitar 25 menit dengan medan menanjak 😐

Benten Zeniarai Shrine tampak depan

Menuju ke Benten Zeniarai Shrine dari Hokokuji kurang lebih memakan waktu 1 jam, dengan jalan melambat karena sudah lelah. Saya sebenarnya agak menyesal berjalan jauh ke Benten Zeniarai Shrine, karena tidak ada yang spesial. Apalagi setelah saya mengunjungi Nikko yang menurut saya memiliki shrine terbaik. Tapi kalau kamu orangnya tanggung, mending datang ke sini karena dari sini dekat dengan destinasi selanjutnya.

Destinasi selanjutnya adalah Great Buddha. Untuk menuju ke sini dari Benten Zeniarai memakan waktu sekitar 15 menit. Untuk masuk ke sini kamu perlu membayar 200 JPY. Saya pun tidak masuk ke sini karena jatahnya sudah saya habiskan untuk membeli minum dari Benten Zeniarai karena jaraknya yang jauh.

wisata sekitar tokyo

Pintu masuk menuju Great Buddha.

Dari sini kamu bisa menuju ke Hasedera Temple. Jalan kaki dari Great Buddha hanya memakan waktu sekitar 5 menit. Untuk masuk ke dalam, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar 300 JPY. Saya pun juga tidak masuk karena sudah mau tutup. Karena di awal saya tidak merencanakan pergi ke Hokokuji sehingga waktu terbuang banyak di perjalanan. Rencana saya ke Hokokuji karena mengambil map di Kamakura Sta. dan melihat ada satu wisata yang di-higlight dan tidak banyak yang me-review di internet.

Hasedera Temple Kamakura

Destinasi terakhir adalah Yuigahama Beach. Jika kamu sudah menonton Shigatsu wa Kimi no Uso yang versi live action, kamu akan melihat pantai ini. Sebenarnya pantainya tidak terlalu spesial, tapi kamu bisa menikmati sunset dari sini dan ada juga pemandangan dari Pulau Enoshima di kejauhan.

Pantai Yuigahama dan Pulau Enoshima saat sunset

Jika kamu ingin berkunjung ke Enoshima, saran saya datang lebih pagi dan pilih hanya beberapa destinasi. Sekitar jam 2 kamu bisa ke Enoshima dan menikmati sunset di sana. Setahu saya, akses masuk ke Enoshima ditutup pada malam hari.

Jadi, saya ada dua rekomendasi rute:

• Tsurugaoka Shrine – Hokokuji Temple – Benten Zeniarai Shrine – Great Buddha – Hasedera Temple – Yuigahama Beach
  • Tsurugaoka Shrine – Great Buddha – Hasedera Temple – Enoshima Island

Top Tips

Sediakan minum yang banyak dan kaki yang kuat, karena perjalanan di Kamakura menurut saya adalah perjalanan paling melelahkan selama 10 hari backpacker di Jepang.

Jika ingin berbuat baik ke orang Jepang, bantu mereka foto. Mereka kadang terlalu malu meminta orang, kebanyakan mereka foto selfie atau letakkan hp di lantai buat foto.

Bermalam di Kamakura

Karena banyaknya orang lokal dan turis yang mengambil one day trip, penginapan di Kamakura tidak begitu populer. Paling murah pun guest house, bukan hostel. Dengan harga yang juga lebih tinggi dari Tokyo, harga di atas 350 ribu per malam.

Saya pun waktu itu menggunakan couchsurfing di daerah Fujisawa. Meskipun Fujisawa agak jauh, sekitar 45 menit menggunakan kereta, jalurnya masih masuk ke dalam Kamakura-Enoshima Pass menggunakan Enoden Line. Saya menginap di Fujisawa, di hari pertama menuju Kamakura dan hari kedua menuju Yokohama.

Menginap di Fujisawa juga bisa kamu jadikan opsi jika tujuanmu selanjutnya adalah Gunung Fuji. Ada beberapa rute menuju sekitar Gunung Fuji, mulai dari Kawaguchiko hingga Gotemba, dengan jarak yang lebih dekat dibanding dari Tokyo.

Top Tips:

Jika ingin menuju Kawaguchiko dan sekitarnya dari Fujisawa, reservasi tiket bus lebih dulu. Karena kejadian saya kemarin, setengah 7 sudah di tempat penjemputan bus, ketika ingin naik ternyata harus reservasi tiket lebih dulu.

Menurut saya Kamakura itu salah satu opsi terbaik jika kamu tidak ingin pergi jauh dari Tokyo. Yang jelas, Kamakura menjadi destinasi favorit kedua saya setelah Nikko. Sangat cocok untuk dikunjungi jika favoritmu adalah daerah sub-urban dengan atmosfer yang sangat mendukung.

Baca juga: Surga Tersembunyi Jepang: Nikko

Saya pun memberi rating 4.5/5. Bagaimana dengan destinasi lainnya? Lihat di Instagram saya di sini.

Selamat berkunjung ke Kamakura! Jika ada yang ingin ditanyakan bisa tanyakan di kolom komentar ya!

Baca juga:Β Jalan-Jalan ke Tokyo

Baca juga: Wisata di Yokohama

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.