wisata di yokohama

Wisata di Yokohama: Kota yang Indah

Berjarak sekitar 30 menit dari Tokyo, Yokohama merupakan kota yang memiliki beberapa wisata indah yang cocok untuk one day trip. Apa saja wisata di Yokohama yang pantas dikunjungi?


Dengan jarak yang lebih dekat dari Tokyo, jika dibandingkan dengan Kamakura, Yokohama juga menjadi destinasi orang lokal ketika memiliki libur panjang. Selain itu juga Yokohama menjadi tempat perpisahan bagi banyak orang karena adanya Osanbashi Pier yang menjadi tempat berlabuh kapal pesiar yang singgah di Jepang.

Baca juga: 10 Hari Backpacker ke Jepang

Saya ke Yokohama dua hari sekaligus ke Kamakura, dan menginap di Fujisawa. Jadi, Yokohama bisa saja kamu jadikan one day trip dari Tokyo ataupun Kamakura. Tergantung bagaimana itinerary yang sudah kamu buat.

Menuju Yokohama

Untuk menuju Yokohama dari Tokyo, ada banyak cara yang bisa ditempuh. Terutama karena Yokohama adalah kota besar, jadi mau ke arah Kamakura pun akan melewati Yokohama. Ada beberapa line yang bisa kamu naiki dari Shinjuku, Shibuya, ataupun Tokyo Station. Mulai dari Tokyo Toyoko, JR Tokaido hingga JR Yokosuka.

Kisaran harganya pun 290 – 470 JPY dengan kisaran waktu 30 menit untuk sampai ke Yokohama Station. Bagaimana transportasi setelah sampai Yokohama Sta.? Ada tiga cara. Pertama, Berjalan kaki. Kedua, Menggunakan kereta terpisah. Ketiga, Menggunakan Akaikutsu Loop Bus.

wisata di yokohama

Peta wisata di Yokohama.

Ketika saya sampai di Yokohama Sta. saya berinisiatif untuk berjalan kaki menuju tempat wisata. Ternyata, jauh sekali. Mungkin bisa berjalan kaki 20-30 menit. Apalagi, kemarinnya saya baru saja berjalan kaki mengelilingi Kamakura, yang bisa dibilang perjalanan paling melelahkan.

Jika berminat begitu, naik di Yokohama Sta. dan turun di Ishakawacho. Tidak sampai 5 menit kok, dan hanya habis sekitar 120 JPY. Opsi lain bisa menggunakan Akaikustu Loop Bus. Bus ini berangkat dari Yokohama Sta. satu arah menuju ke semua tempat wisata, setiap 40 menit. Sekali naik biaya yang dikeluarkan adalah 220 JPY. Kamu bisa saja membeli one day pass seharga 500 JPY.

Untuk membaca lebih lengkap tentang transportasi di Yokohama bisa baca di sini.

TOP TIPS:

Jika kamu ingin ke masjid, masjid terdekat di Yokohama agak jauh dari Yokohama Station. Dari Yokohama Station kamu ke arah berlawanan dengan tempat wisata, menuju Higashi Yamata Station dengan biaya 330 JPY PP. Dari stasiun, kamu harus berjalan lagi 25 menit untuk ke masjidnya.

wisata di yokohama

Solat Jumat di Masjid Yokohama.

Wisata di Yokohama

Dari Yokohama Sta. kamu segera menuju ke Ishakawacho Sta. Dari situ, kamu bisa berjalan sekitar 5 menit menuju destinasi pertama, yaitu Chinatown. Chinatown di Yokohama sebenarnya sangat mirip dengan Chinatown di Singapore jika kamu sudah pernah berkunjung. Perbedaannya di Chinatown ada beberapa temple dan shrine yang bisa kamu kunjungi, selain banyaknya orang berjualan.

wisata di yokohama

Ada beberapa pintu masuk Chinatown di Yokohama.

wisata di yokohama

Salah satu temple yang ada di Chinatown Yokohama, Yokohama Masaboyo

Dari Chinatown kamu bisa berjalan sekitar 5 menit ke Yokohama Stadium. Stadion ini biasa digunakan untuk softball. Waktu saya ke sana, saya sempat bingung kenapa banyak yang make jersey, ternyata di Yokohama Stadium sedang ada pertandingan baseball. Ya, tapi saya juga tidak mungkin masuk karena mahal lol. Jadinya saya pun hanya melihat dari luar, dan ada banyak sekali penonton karena baseball salah satu olahraga favorit di Jepang.

wisata di yokohama

Yokohama Stadium di sore hari.

wisata di yokohama

Ada pertandingan baseball di Yokohama Stadium.

Setelah itu kamu bisa berjalan menuju arah pelabuhan, lebih tepatnya menuju ke dekat Minato Mirai. (Sebenarnya bukan Minato Mirai, tapi tempat ini populer karena kamu bisa melihat Minato Mirai di kejauhan) Di sini kamu bisa melihat Minato Mirai dan beberapa kapal yang singgah. Naik ke jembatan di atas untuk melihat lanskap yang lebih bagus.

wisata di yokohama

Minato Mirai dari kejauhan.

wisata di yokohama

Minato Mirai di kejauhan sana.

Dari situ kamu bisa berjalan kaki sekitar 5 menit ke Osanbashi Pier. Ini adalah destinasi favorit saya di Yokohama. Kenapa? Karena saat saya datang, tepat sekali ada kapal pesiar ingin berangkat. Jadi, ramai sekali keluarga dan teman-teman yang mengucapkan selamat tinggal dengan khas. Mereka mengibarkan kain kuning yang artinya sama dengan Sayounara di Jepang.

wisata di yokohama

Kain kuning yang dikibarkan ke kapal pesiar di Osanbashi Pier.

Dari Osanbashi Pier, Kamu bisa menuju ke Yamashita Park. Park ini di sore hari ada banyak sekali atraksi. Sama seperti kebanyakan taman di Jepang juga pasti banyak yang menggelar tikar di rumput, karena itu favorit orang Jepang. Di sini juga kamu bisa menemukan taman bunga yang menurut saya cukup indah dan paling penting, gratis. Haha Di sini juga kemarin saya sempat menonton konser salah satu girlband, tapi saya tidak tau siapa.

wisata di yokohama

Yamashita Park di sore hari banyak yang menggelar tikar.

wisata di yokohama

Taman bunga di Yamashita Park.

Tujuan terakhir adalah Yokohama Marine Tower. Untuk masuk ke sini, kamu perlu membayar 750 JPY. Tetapi, kemarin saya tidak masuk karena memang tidak menganggarkan uang untuk masuk ke dalam. Saya pun menemuinya saat jalan pulang menuju stasiun dari Yamashita Park.

wisata di yokohama

Yokohama Marine Tower, masuk membayar 750 JPY.

Sebenarnya, ada satu tempat lagi yang direkomendasikan, yaitu Sankeien Garden. Untuk menuju ke sini kamu harus naik bus atau kereta lagi. Tempat ini tutup jam 5 sore dan untuk masuk kamu perlu membayar 700 JPY. Kemarin pun saya juga tidak sempat untuk ke sini. Jadi, setelah Yamashita Park saya langsung menuju stasiun dan kembali ke Fujisawa.

Top Tips:

Jika ada konser di pinggir jalan, kebanyakan dilarang untuk mengambil foto. Ketika saya di Yamashita Park pun tidak diperbolehkan mengambil foto.

Pergi ke Yamashita Park di sore hari karena banyaknya atraksi dan orang-orang yang menikmati suasana sore hari.

Kapal pesiar di Osanbashi Pier biasanya berangkat jam 3 sore.


Overall, saya menyukai Yokohama. Yokohama bisa menjadi alternatif jika kamu tidak terlalu menyukai Tokyo yang sangat modern. Sangat cocok untuk one day trip dari Tokyo, atau dua hari sekaligus Kamakura.

Baca juga perjalanan saya di kota lainnya:

Jalan-jalan ke Tokyo

Nikko: Surga Tersembunyi Jepang

Kamakura: Wisata Sekitar Tokyo

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
fauziananta1Jono Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Jono
Guest
Jono

Menarik! Emang Yokohama asik banget sih