wisata di kupang

Jalan-jalan ke NTT: Wisata di Kupang

Kupang bukanlah salah satu destinasi favorit di NTT. Meskipun begitu, beberapa perjalanan menuju Alor hingga Maumere harus melewati Kupang. Lalu, di mana saja destinasi favorit di Kupang?


Perjalanan saya selama 2 hari di Kupang pada pertengahan April 2018 cukup berkesan. Kupang memiliki kesan kering dan pantai yang menawan, sama seperti destinasi di Nusa Tenggara lainnya. Meskipun menurut saya Kupang masih memiliki banyak kekurangan, Kupang bisa kamu jadikan destinasi transit jika ingin berkunjung ke Labuan Bajo atau ke Timor Leste.

Sebenarnya, destinasi terbaik di Kupang itu berada jauh dari kota, mulai dari Pantai Tablolong, Air Terjun Oenesu, hingga Fulan Fehan di Atambua (perbatasan Timor Leste). Namun, ada beberapa destinasi yang cukup bagus di pusat kota yang bisa kamu kunjungi.

Wisata di Kupang

Jika kamu mendarat di Bandara El-Tari Kupang, lokasinya tidak terlalu jauh dengan pusat kota, hanya sekitar 15 menit naik mobil untuk sampai ke pusat kota. Jika kamu siang sampai di Kupang, kamu bisa segera berkunjung ke Pantai Lasiana untuk menikmati sunset.

wisata di kupang

Pantai Lasiana di Kupang

wisata di kupang

Tiket masuk pantai lasiana

Menuju Pantai Lasiana dari pusat kota Kupang membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Tenang, Kupang itu tidak terlalu macet, kok. Jadi estimasi waktu tidak akan meleset jauh. Tarif masuk ke Pantai Lasiana hanya 5.000 rupiah. Memang, kebanyakan wisata di Kupang masih belum terurus jadi harga masuk tergolong murah.

wisata di kupang

Pantai Lasiana saat sunset

wisata di kupang

Pantai Lasiana tampak samping

Keesokan harinya, pada pagi hari kamu bisa ke arah timur kota, yaitu melihat pembuatan Sasando di Oebelo. Di sini kamu bisa membeli oleh-oleh Kupang, mulai dari tenun hingga Sasando sekalipun. Meskipun begitu, tempatnya tidak sebesar Desa Sade di Lombok.

wisata di kupang

Bapak memainkan Sasando

wisata di kupang

Penghargaan yang diberikan ke keluarga

Yang mengelola pun hanya satu keluarga dan bentuknya hanya satu rumah. Meskipun begitu destinasi ini sudah terkenal, karena keluarganya sempat terkenal karena mengikuti Indonesia Mencari Bakat 2014.

Harga oleh-oleh di sini tergolong cukup murah, tenun bisa kamu dapatkan dari harga 100-400 ribu. Kalau Sasando yang besar, harganya jutaan. Di sini juga kamu bisa mendapatkan secara gratis penampilan keluarga yang memainkan Sasando.

Setelah dari situ, kamu bisa kembali ke arah kota dan berkunjung ke Taman Nostalgia dan Gong Perdamaian. Kedua tempat ini berada di satu taman kok, jadi kamu bisa berkeliling di Taman Nostalgia ini. Kesan pertama ketika berkunjung itu tidak diurus. Pohon dan bunga di taman tumbuh secara liar. Terlihat sekali pemerintah Kupang tidak mengurusi taman nostalgia.

wisata di kupang

Taman Nostalgia di Kupang

wisata di kupang

Gong Perdamaian di Kupang, sama seperti di Ambon

Meskipun begitu, gong perdamaian lumayan bagus kok. Tapi ya kalau kamu berkunjung siang hari itu panas banget. Destinasi selanjutnya adalah Kantor Gubernur. Kenapa kantor gubernur? Karena gedung-nya berbentuk seperti sasando. Bahkan, orang lokal bilang kalau di Kupang gedung yang bagus hanya itu, rumah warga dan ekonomi tertinggal semua. Haha

wisata di kupang

Kantor Gubernur yang berbentuk Sasando

Destinasi selanjutnya pergi ke barat kota, yaitu Goa Monyet. Saya ke sini hanya lewat, tidak masuk. Di jalan pun kamu sudah bisa melihat banyak monyet jinak namun tidak boleh diberi makan. Perjalan dari pusat kota sekitar 20 menit untuk menuju ke sana.

wisata di kupang

Goa Monyet tampak depan

Tujuan selanjutnya adalah Pantai Tablolong. Dari goa monyet ke arah barat sekitar 30 menit. Ini berada di ujung barat Pulau Kupang. Kemarin saya tidak ke sini karena waktunya tidak ada. Tapi, banyak yang bilang kalau Pantai Tablolong adalah pantai terbaik di Kupang, jadi harus dikunjungi.

TOP TIPS:

Pantai Lasiana tutup jam 6, pastikan kamu sudah ke sana sebelum matahari terbenam

Transportasi di Kupang

Transportasi di Kupang ini sedikit tricky. Karena opsi terbaik yang bisa dilakukan untuk keliling adalah rental mobil. Meskipun ada angkot, jangkauannya tidak jauh dan tidak menjangkau semua tempat wisata.

Ojek online seperti Grab dan Gojek pun belum ada. Opsi ojek online hanya ada ojek lokal yaitu BetaAntar. Tapi, karena memang masih belum terlalu terkenal, sangat sulit menemui ojek dimanapun. User Interface dari aplikasi yang diunduh di App Store pun belum terlalu bagus. Saya kemarin menyewa mobil Avanza+supir+bensin itu 500 ribu rupiah/hari. Jika berminat bisa hubungi 082237436092 (saya lupa namanya)

Itu pun persewaan yang paling murah dibandingkan dengan 3-4 persewaan lainnya. Driver-nya pun ramah. Bahkan, saya cancel di hari kedua (meskipun sudah booking) diperbolehkan.

Menginap di Kupang

Menginap di Kupang mudah kok. Ada banyak pilihan penginapan, terutama dari arah bandara ke pusat kota. Saya menginap di Jaya Pitha (5 menit dari bandara) seharga 260 ribu per malam yang saya booking via Traveloka. Opsi lain yang lebih murah pun ada yang kisarannya 150 ribu rupiah per malam.

Untuk menuju ke hotel dari bandara, biasanya beberapa penginapan menawarkan jasa penjemputan dengan harga yang relatif murah. Saran saya sih kalau memang ingin sunset di Pantai Lasiana, cari hotel yang sebelum pusat kota, karena jaraknya lebih dekat.

Lalu, bagaimana jika sudah sampai di bandara tapi belum mendapatkan penginapan? Tenang, di bandara Kupang ada beberapa booth hotel yang bisa kamu pilih, dan akan mendapatkan free antar ke hotel.

Oleh-Oleh di Kupang

Ada beberapa oleh-oleh terkenal di Kupang, mulai dari sasando, sei, hingga kain tenun. Jika ingin membeli sasando, kamu bisa langsung beli di rumah sasando di Oebelo. Opsi lain beli di tempat oleh-oleh. Lebih murah mana? Harga relatif sama sih, tapi menurut saya di rumah sasando harga lebih mahal sedikit karena mereka produksi sendiri dalam jumlah sedikit.

Di mana tempat membeli oleh-oleh? Saya kemarin dianjurkan oleh teman saya orang lokal untuk berkunjung ke Cinta Kasih, dekat kantor gubernur. (Kamu bisa cari di Google Maps). Di sini harganya lumayan murah. Saya mendapatkan gantungan kunci seharga 5 ribu dan kain tenun seharga 50 ribu.

wisata di kupang

Cinta Kasih, pusat oleh-oleh Kupang

Kupang terkenal dengan se’I babi. Jika kamu berminat, kamu bisa membeli di Aroma atau Ibu Soekiran. Keduanya berada di pusat kota kok, gak terlalu jauh. Sebenarnya ada Se’I sapi juga tapi gak terlalu populer. Untuk 1kg-nya, harganya kalo gak salah 260 ribu untuk se’I sapi.

wisata di kupang

Kupang terkenal dengan Se’i babi

wisata di kupang

Tempat membeli Se’i sapi.


Begitulah gambaran dari wisata di Kupang. Sebenarnya saya ingin sekali ke fulan fehan di Atambua, perjalanan 8 jam. Tapi, karena waktu yang tidak mencukupi jadi perjalanan saya hanya sekitar pusat kota. Jika kamu punya waktu lebih, tidak ada salahnya sekaligus bermain ke perbatasan Timor Leste. Jika ingin masuk, kamu harus membayar VOA sebesar 500 ribu rupiah (kalo gak salah)

Baca juga: Barang Penting Traveling

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar ya!

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
fauziananta1Tugu Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Tugu
Guest

Labuan bajo juga luar biasa. Benar-benar seperti surga. Ada pantai yang warna pasirnya pink bahkan. Recomended deh ke sana. Btw, thanks infonya!