Transportasi di jepang

10 Hari Backpacker: Transportasi di Jepang – Part 2

Itinerary ini adalah lanjutan dari sini. Pada bagian ini saya akan membahas transportasi di Jepang, mulai dari dalam kota hingga antar kota.

Baca Juga: Itinerary Backpacker ke Jepang – Part 1

Ada beberapa transportasi dalam kota di Jepang, dan yang paling umum adalah kereta. Hampir semua masyarakat Jepang menggunakan kereta, dan jalan kaki menuju destinasi. Selain itu juga ada bus dalam kota, yang jarang digunakan oleh turis karena lebih rumit.

Sama halnya dengan transportasi antar kota. Paling umum adalah kereta dan bus. Pesawat bukanlah pilihan bagus, terutama jika perjalananmu adalah backpacker ke Jepang.

Lalu, apakah transportasi di Jepang harus booking online atau bisa beli di tempat? Pertanyaan bagus. Karena saya juga awalnya dulu sempat kebingungan. Hingga akhirnya saya semuanya membeli di tempat.

Transportasi Antar Kota

Berikut rincian transportasi antar kota selama saya di Jepang. Mayoritas menggunakan kereta.

Transportasi di jepang

Tampilan luar bus dari Tokyo ke Narita seharga 1000 JPY. Termurah untuk ke Narita.

transportasi di Jepang.

Antrian bus menuju Narita dari Tokyo Station. Untuk yang tidak reservasi, antrian dibedakan.

transportasi di jepang.

Tiket Expressway Bus dari Shinjuku Tokyo – Kawaguchiko. PP seharga 3500 JPY.

transportasi di Jepang

Interior dari kereta Tobu Nikko

transportasi di jepang

Jadwal keberangkatan Tobu Nikko dari Tokyo.

TRANSPORTASI ANTAR KOTA

NoDestinasiLokasiWaktu berangkatWaktu sampaiHargaTipeBookingReserve Ticket
1Jakarta - JepangSoetta - Haneda09.00 PM11.30 PM (H+1)2100 IDRAir AsiaOnlineTraveloka
2Haneda - TokyoHaneda - Shimbashi570 JPYKeikyu LineOTS
3Tokyo - NikkoAsakusa - Tobu Nikko9.43 AM (Last train)11.57 AM2670 JPYTobu Nikko LineOTS
4Tokyo - FujisawaShinjuku - Fujisawa1400 JPYMulti trainOTS
5Fujisawa - KamakuraFujisawa - Kamakura700 JPYKamakura PassOTS
6Fujisawa - YokohamaFujisawa - Yokohama810 JPYMulti trainOTS
7Fujisawa - TokyoFujisawa - Shimbashi840 JPYMulti trainOTS
8Tokyo - KawaguchikoShinjuku - Kawaguchiko3500 JPY PPBusOTSjapanbusonline.com
9Tokyo - NaritaTokyo Station - Naritaevery 30 mins1000 JPYBusOTSkeiseibus.co.jp
10Narita - JakartaNarita - Soetta01.30 PM06.00 PM1400 IDRAir AsiaOnlineAirasia.com

Begitulah rincian dari transportasi antar kota yang saya gunakan. Saya menggunakan bus hanya dari Tokyo-Kawaguchiko.

Pengalaman buruk saya ketika merencanakan bus dari Fujisawa-Kawaguchiko. Ketika saya sudah menunggu bus di stasiun pukul 6 pagi, ternyata harus reservasi lebih dulu. Karena ini, ongkos saya sedikit membengkak karena harus kembali ke Tokyo lebih dulu, kemudian mengganti jadwal menuju Kawaguchiko menjadi hari ke-delapan.

Top Tips:

Hampir semua transportasi tidak perlu membooking tiket. Semua bisa dibeli di tempat. Gunakan aplikasi Japan Trip selama di Jepang untuk mempermudah transportasi yang perlu digunakan selama di sana. Saya menggunakan aplikasi ini karena lebih ringan dari aplikasi yang lain.

Ketika naik kereta transit (Semua kereta jarak jauh saya, kamakura, yokohama, nikko, semuanya transit), pastikan kamu mengerti di stasiun mana akan turun. Pahami juga waktu yang dibutuhkan untuk pindah kereta, karena pindah kereta biasanya harus pindah jalur, naik dan turun tangga.

Untuk kereta menuju Nikko, kamu bisa menggunakan kereta yang lebih eksklusif (tanpa transit) dengan menambah beberapa JPY.

Transportasi Dalam Kota

Transportasi dalam kota di Jepang sangat enak, karena semua sudah terintegrasi. Di Tokyo, ada beberapa pilihan yang biasa digunakan oleh turis:

  1. Tokyo Subway Ticket

Tiket ini mencakupi rute Metro dan Toei. Mayoritas semua tempat wisata di Tokyo terjangkau oleh ini. 4 hari saya di Jepang pun menggunakan ini. Untuk 24 jam (800 JPY), 48 jam (1200 JPY), 72 jam (1500 JPY). Untuk rute dan detail lebih lanjut bisa lihat di sini. https://www.tokyometro.jp/en/ticket/travel/index.html

  1. Tokyo Wide Pass

Tiket ini cocok digunakan ketika kamu berkeliling Jepang dalam waktu singkat. Rute-nya bisa mencapai Nikko hingga Kawaguchiko. Kenapa waktu singkat? Karena dengan harga 10.000 JPY, pass ini hanya bisa digunakan 3 hari. Jadi, jika tujuanmu Tokyo-Nikko-Kawaguchiko dalam 3 hari, maka pass ini sangat cocok digunakan karena bisa jadi lebih murah.

  1. JR Pass

Pass ini cocok digunakan jika kamu memiliki uang lebih dan ingin merasakan shinkansen yang terkenal. Dengan harga 3 jutaan selama 7 hari, pass ini cocok jika kamu ingin berkeliling Jepang dengan mudah.

Itu 3 pass yang bisa kalian gunakan. Bagaimana dengan dalam kota lainnya?

Di Nikko, ketika kalian membeli pass Tokyo-Nikko, itu sudah termasuk tiket bus dalam kota di Nikko.

Sedangkan di Kawaguchiko, ada beberapa pilihan bus mulai dari Heritage, red line, green line, hingga blue line. Heritage bus ke arah timur (Chureito Pagoda dll) dan red, green, blue line (ke arah barat, destinasi lebih banyak). Saya kemarin menggunakan Heritage Bus (bus datang setiap 2.5 jam, jadi atur rencana sedetail mungkin)

Di daerah Kamakura, kamu bisa membeli Kamakura Pass seharga 700 JPY yang menghubungkan Kamakura, Enoshima dan Fujisawa. Saya menggunakan pass ini karena saya tinggal di Fujisawa. Jika kamu tinggal di Kamakura, menurut saya tidak perlu membeli pass tersebut, karena jarak antar destinasi di Kamakura tidak terjangkau oleh kereta. (pilihannya hanya bus yang membayar lagi, atau jalan kaki)

Di Yokohama saya berjalan kaki. Karena pass yang digunakan (bus dalam kota) tidak sebanding dengan destinasi saya yang berdekatan semua. Saya hanya perlu naik kereta sekali dari Yokohama station menuju Osanbashi Pier.

transportasi di Jepang

Tiket Heritage Bus di Kawaguchiko seharga 1050 JPY.

Transportasi di Jepang

Tiket dari Kamakura Pass.

Transportasi di Jepang

Kamakura-Enoshima Pass seharga 700 JPY yang aktif sehari.

TRANSPORTASI DALAM KOTA

KotaDestinasiModaWaktu tersediaWaktu munculHargaBerapa stopKeterangan 
TokyoTokyo Subway Pass 72 hrsMRT05.00 - 23.005 menit1500 JPY
Tokyo Subway Pass 24 hrsMRT05.00 - 23.005 menit800 JPY
Tokyo Subway Pass 24 hrsMRT05.00 - 23.005 menit800 JPY
KawaguchikoWorld Heritage PassBus08.00 - 18.002.5 jam1050 JPYAda beberapa opsi bus lain

Biaya Transportasi

TotalDalam RupiahKeterangan
11490 JPY1.493.700Antar Kota
3.500.000PP Jakarta - Tokyo
540.000Dalam Kota
TOTAL5.533.700

Top Tips:

Hitung dengan jelas perjalanan serta biaya setiap hari, karena mungkin saja dengan destinasi sedikit, menggunakan tiket satuan bisa lebih murah dari tiga pass di atas.

Membeli tiket satuan? Jangan khawatir. Jika tulisan-tulisan di atas ticket machine tidak bisa kamu baca, kamu bisa menggunakan aplikasi Japan Trip. Cari rute menuju destinasi dan lihat harga yang tercantum. Langsung klik saja harga-nya di ticket machine. Bahkan, jika masih terlalu bingung, beli tiket manapun dan menyesuaikannya di tujuan.


Kurang lebih begitulah itinerary transportasi di Jepang selama 10 hari. Kalo ada yang ingin ditanyakan terkait perjalanan dan opsi lain moda transportasi langsung tanya via komentar aja ya. Karena memang semua info belum saya masukan karena info di atas cuman moda yang saya pakai.

Butuh file excel dari list transportasi di atas? Masukan e-mail di kolom komentar ya, akan segera saya kirimkan setelah luang.

Untuk part sebelum dan sesudahnya, bisa klik link di bawah ini ya.

PART 1 – Itinerary Backpacker ke Jepang 

PART 3 – Makanan di Jepang

PART 4 – Total Biaya & Menginap di Jepang

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.

This Article Has 4 Comments
  1. Zakaria says:

    Kalo dari tokyo ke kawaguchiko lebih enak naik bus atau kereta? Karena sepertinya kalo naik kereta harus beberapa kali transit dan dari st otsuki tdk tercover jr pass . thanks

  2. Dian says:

    Selamat malam, kalau keliling tokyo ; shibuya, ginza, ueno, shinjuku, harajuku, tsukiji, ikebukuro, akihabara, omotesando, roppongi sebaiknya memakai pass / kartu apa, selain fasilitas dari JR pass.
    Thanks,
    Dian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.