tips mengoptimisasi website

5 Tips Mengoptimisasi Website Anda

Setiap pemilik website pasti menginginkan website-nya dikunjungi banyak orang atau mencapai berbagai objektif lainnya. Karena itu, penting untuk mengoptimisasi website Anda. Apa saja tips mengoptimisasi website yang Anda miliki?


Mengoptimisasi website adalah bagian vital dalam memiliki website. Dengan mengoptimisasi, website Anda bisa berjalan dengan baik, yang bisa berdampak ke banyak hal, mulai dari branding, penjualan, hingga berbagai objektif lain yang sudah Anda tetapkan.

Berikut ini ada beberapa tips mengoptimisasi website yang Anda miliki. Tips-tips berikut berlaku baik website pribadi ataupun bisnis.

  1. Pilih Hosting yang Tepat

Hosting ibaratnya menjadi nyawa dalam sebuah website. Karena hosting adalah rumah bagi website Anda, sehingga semua data yang Anda miliki akan tersimpan di dalam hosting yang Anda gunakan. Saya selalu menyarankan untuk memilih hosting yang tepat, karena kesalahan dalam pemilihan hosting bisa membuat website Anda lambat dan sering bermasalah.

Website yang lambat sangat tidak disarankan karena studi membuktikan bahwa 47% pengunjung menginginkan laman dapat diakses dalam waktu 2 detik. Hal tersebut pun memang logis, karena siapa yang senang menunggu? Bahkan Anda sendiri pun ingin sebuah laman mengakses dengan cepat. Anda bisa menggunakan Pingdom untuk melihat kecepatan akses laman yang Anda miliki.

Dalam memilih hosting, saya menyarankan menggunakan Niagahoster untuk mendapatkan hosting unlimited murah. Selain itu, Niagahoster juga menyediakan beberapa pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Perhatikan SEO Agar Ramah dengan Mesin Pencari

Berdasarkan data dari Net Market Shareselama 1 tahun terakhir sejak Bulan Agustus 2017, pengguna Google dibanding search engine lainnya adalah 78.99%. Jika Anda ingin membuktikan dengan hal yang lebih mudah, coba lakukan riset ke teman-teman tentang search engine yang digunakan. Kemungkinan besar teman-teman Anda di atas 90% akan menjawab Google.

Data tersebut menunjukan bahwa Google adalah market leader. Dari data ini kemudian muncullah sebuah peluang yang bisa Anda manfaatkan. Jika Google adalah market leader, Bagaimana caranya agar usaha/bisnis yang Anda punya bisa menjadi market leader di Google? Di sini lah Search Engine Optimization atau SEO memainkan perannya. Saya juga pernah menulis artikel mengenai beberapa alasan kenapa SEO sangat penting bagi website Anda.

Yang harus diperhatikan dari SEO adalah konten yang Anda hasilkan dan keyword yang Anda gunakan. Pembahasan SEO secara lebih mendalam akan saya bahas di artikel selanjutnya.

  1. Gunakan Plugin yang Dibutuhkan

Jika Anda menggunakan WordPress, ada banyak plugin yang berguna untuk mengoptimisasi website Anda. Misalnya saja, Untuk me-compress gambar agar tidak terlalu berat, Anda bisa menggunakan plugin Smush. Untuk menjalankan SEO secara lebih mudah Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO. Untuk membersihkan cache agar website Anda lebih ringan bisa menggunakan plugin WP-Cache. Untuk menghindari spam komentar Anda bisa menggunakan plugin Akismet Anti-Spam.

Ada banyak plugin-plugin lain yang bisa Anda gunakan, beberapa di atas adalah plugin yang esensial. Agar bisa menjalankan banyak plugin tersebut dengan lancar, jangan lupakan hosting yang prima.

  1. Gunakan Content Marketing

Konten akan sangat penting jika berhasil dikelola sehingga bisnis atau brand Anda memiliki nilai lebih di mata audiens atau pelanggan. Di sinilah content marketing memainkan perannya. Content marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang menggunakan konten sebagai ujung tombak. Berbeda dengan marketing tradisional yang menggunakan pendekatan secara langsung, mulai dari brosur, door-to-door marketing, hingga penggunaan baliho.

Konsep dari marketing tradisional sangat berbeda dengan content marketing. Content marketing lebih berfokus ke pendekatan tidak langsung, melalui cerita sehingga berhasil membangun hubungan baik dengan audiens atau calon pelanggan. Apalagi di era yang sangat banyak sekali informasi seperti sekarang, informasi yang tidak relevan dan tidak memberikan manfaat kepada audiens tidak akan digubris oleh mereka. Nasib-nya akan sama dengan marketing tradisional.

Begitulah content marketing bekerja. Mulai dari rutin menghasilkan konten yang relevan dengan target audiens dan buat mereka percaya dengan brand Anda. Selanjutnya, sisipkan produk Anda di beberapa kesempatan agar meningkatkan sales. Content marketing adalah bentuk investasi yang perlu dilakukan untuk menciptakan hubungan baik dengan target audiens Anda.

  1. Cek Secara Berkala

Masalah dalam website akan selalu muncul, bahkan ketika Anda tidak menggunakannya sekalipun. Untuk itu, penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan secara berkala. Anda bisa menggunakan Whichloadsfaster untuk membandingkan kecepatan laman Anda dengan kompetitor. Program bawaan Google yang serupa adalah Page Speed Insights.  Dengan program ini juga Anda bisa melihat hal-hal yang bisa dioptimisasi dari laman Anda.


5 Hal di atas adalah beberapa tips mengoptimisasi website Anda, untuk mencapai berbagai objektif yang sudah Anda tetapkan di awal. Punya tips mengoptimisasi website lainnya? Bagikan di kolom komentar ya!

 

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
fauziananta1abdul Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
abdul
Guest

Apalah daya, saya hanya mempunyai blogspot om. Tipsnya dong optimasi web blogspot.. Terimakasih.