surga tersembunyi sulawesi

Donggala: Wisata ke Surga Tersembunyi Sulawesi Tengah

Banyak yang tidak mengetahui kota Donggala. Padahal, Donggala menyimpan potensi wisata yang sangat menawan. Apa saja wisata di Donggala yang bisa kamu kunjungi?


Donggala berada di Sulawesi Tengah, dekat dengan Palu. Untuk orang Palu, Donggala itu terkenal dengan pantai-nya yang menawan. Banyak sekali orang Palu yang berkunjung ke Donggala karena jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 1 jam menggunakan mobil/motor.

Menurut saya kekurangan Donggala itu kalau malam tidak ada lampu jalan. Sehingga, saya tidak menyarankan untuk keluar malam hari, karena selain berbahaya pasti kamu akan menemukan motor di pinggir jalan tapi gak ada orangnya. Haha

surga tersembunyi sulawesi

Bundaran Donggala

Donggala juga dulu dikenal sebagai kota pelabuhan, sehingga ada tempat pelelangan ikan dan transit nelayan. Destinasi yang cocok sekali untuk kamu yang menyukai tempat penuh interaksi manusia.

Tempat Wisata di Donggala

Slogan dari kota Donggala adalah “Kota Wisata” sehingga tidak heran banyak sekali tempat wisata menawan di sini. Ada lebih dari 5 wisata yang kamu kunjungi ketika berkunjung ke sini.

surga tersembunyi sulawesi

Pantai Tanjung Karang

Kalau kamu sampai di Donggala sore hari, kamu bisa langsung menuju Pantai Tanjung Karang. Untuk menuju ke sini waktu yang dibutuhkan hanya 5 menit kok, sangat dekat sekali. Untuk masuk ke pinggir pantai pun saya kemarin gratis karena sempatnya ke sana waktu siang hari. Kalau waktu sunset mungkin jadi 5 ribu rupiah. Di sini juga banyak yang bilang jadi tempat favorit turis.

surga tersembunyi sulawesi

Pantai Tanjung Karang Donggala

Setelah berkunjung ke Pantai Tanjung Karang, kamu bisa langsung kembali ke penginapan. Besoknya, ada beberapa opsi tempat yang bisa kamu kunjungi. Pertama, kamu bisa melihat sunrise di Pantai Tanjung Karang. Saya kemarin hanya melihat sunrise di Anjungan Donggala, karena beberapa teman merekomendasikan. Sialnya, awan terlalu tebal sehingga saya tidak punya kesempatan untuk melihat sunrise.

surga tersembunyi sulawesi

Anjungan Donggala

Dari Anjungan Donggala, kamu bisa berkeliling, karena sekitar situ adalah pusat kota yang sepi sekali. Di situ ada taman juga dan di atas bukit kamu akan melihat tulisan besar “Donggala Kota Wisata” di atas bukit ada perkantoran.

Setelahnya, kamu bisa berkunjung ke Copra Funds. Ini adalah gudang bekas yang sebenarnya tidak bisa digolongkan sebagai tempat wisata. Tapi, tempat-nya cukup cantik untuk kamu kunjungi. Dari anjungan tadi kamu bisa naik motor/mobil sekitar 5 menit. Tempatnya juga berada di pinggir pantai, sehingga kamu bisa sekaligus melihat pantai.

surga tersembunyi sulawesi

Copra Funds

Dari sini kamu langsung menuju ke Telaga Lembasada. Tempat ini kemarin sudah saya masukan itinerary karena menurut saya tempat terbaik di Donggala. Ternyata, karena beberapa hal saya tidak sempat ke sini. Jaraknya agak jauh dari tengah kota, sekitar 1 jam untuk menuju ke sana.

Di telaga ini kamu harus naik kapal lagi untuk menyeberang dan naik ke puncak. Dari atas kamu bisa melihat dataran Donggala dan liuk sungai-nya.

Dari telaga lembasada, kamu bisa langsung pergi ke Pusat Laut Donggala. Warga lokal bercerita bahwa tahun lalu ketika Pusat Laut belum diberikan tembok pembatas, sangat bagus karena kamu bisa langsung melihat lautan.

surga tersembunyi sulawesi

Pusat Laut Donggala

Jadi, pusat laut ini semacam kolam yang airnya dari laut. Tempatnya sangat bagus dan gratis. Di sini juga biasanya ada anak kecil yang bersedia meloncat ke bawah kalau kamu melempar uang. Tapi, kalau uang koin dia gak akan mau. Haha

Dari Pusat Laut kamu bisa menuju ke Pantai Kaluku. Sebenarnya pantai ini berada di sebelah Pusat Laut. Tapi, dari jalan besar kamu harus masuk ke dalam (dan jalannya jelek) sekitar 2 kilometer. Hampir mirip seperti Pusat Laut tapi jalan masuk ke Pusat Laut lebih bagus.

Tujuan selanjutnya adalah Pantai Boneoge. Pantai ini terkenal dengan nama pantai nelayan. Karena, di sini banyak sekali kapal nelayan bersandar. Masuk-nya pun gratis.

Terakhir, kamu bisa menikmati sunset di Pantai Hayalan. Yang menarik dari pantai ini, banyak orang yang belum tahu. Padahal, di sini ada jembatan panjang yang sangat bagus ketika sunset. Pantai Hayalan ini gak terlalu jauh kok dari Boneoge.

surga tersembunyi sulawesi

Pantai Hayalan Donggala

Jika kamu senang dengan social life, kamu bisa berkunjung ke PPI Donggala di pagi hari. Di sini kamu akan menemukan aktivitas nelayan. Karena Donggala memang terkenal dengan tempat transit. Posisinya dekat sekali dengan Pantai Tanjung Karang, hanya sekitar 5 menit.

surga tersembunyi sulawesi

PPI Donggala, Pusat Nelayan

Masalah terbesar dari semua tempat wisata di sini (terutama menuju pusat laut dan sekitarnya) adalah jalannya yang masih jelek dan naik turun. Sebenarnya ada jalan baru yang lurus (memotong gunung) tapi naik turun dan berliuk-liuk. Selain itu juga, semua jalan tidak ada lampunya. Jadi, saya tidak menyarankan untuk pulang dari arah Pusat Laut Donggala ketika malam hari.

Transportasi di Donggala

Di Donggala tidak ada ojek online. Kamu hanya bisa menggunakan Grab di Palu. Jadi, di Donggala kamu hanya bisa menyewa mobil, dari Palu atau Donggala. Saya menyewa mobil Avanza di Donggala seharga 300 ribu tanpa bensin dan supir.

Yang perlu diperhatikan, tempat pengisian bensin di Kota Donggala hanya ada 1. Jadi, pastikan kendaraanmu tidak kehabisan bensin. Bagaimana dari Palu-Donggala? Kamu bisa memesan taksi bandara atau sewa mobil dari hotel di Donggala untuk menjemput di bandara.

surga tersembunyi sulawesi

Welcome Donggala

Penginapan di Donggala

Tidak banyak penginapan di Donggala. Rate paling murah di Traveloka yang bisa kamu dapatkan sekitar 130 ribu per malam. Kemarin, saya menggunakan Jazz Anna Hotel di Donggala. Rate untuk semalam itu 400 ribu dan mendapatkan sarapan. Menurut saya sih hotel ini recommended karena berada di pinggir laut dan kamu juga bisa melihat PPI Donggala, pelabuhan nelayan. Selain itu juga hotel ini masih baru sehingga semua fasilitas beberapa masih diplastik haha


Begitulah perjalanan saya selama 2 hari di Donggala. Kekurangan terbesar dari Donggala adalah minimnya penerangan. Kalau malam pun tidak ada lampu jalan (hanya ada di bukit kantor gubernur) Selain itu, lampu hanya ada di rumah-rumah.

Baca Juga: Wisata di Kupang

Kelebihan dari Donggala menurut saya adalah wisata yang masih bersih sekali dan adanya kehidupan nelayan. Cocok sekali untuk kamu yang senang melihat social life.

Saya bisa simpulkan bahwa Donggala ada surga tersembunyi di Sulawesi Tengah. Selamat berkunjung!

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.