Pentingnya SEO

5 Alasan Pentingnya SEO Dalam Marketing di Tahun 2018

Beberapa perusahaan terkemuka Indonesia yang fokus dalam dunia digital, seperti Traveloka, BliBli, Tokopedia, hingga Bukalapak telah memasukan penguasaan dasar SEO sebagai salah satu syarat menjadi marketing. Sebenarnya, seberapakah pentingnya SEO dalam dunia marketing dan seberapa besar prospeknya di tahun 2018?


Tahun 2018, penggunaan internet akan semakin meningkat. Marketeers memprediksi peningkatan 2% pengguna dari tahun 2017. Begitupun dengan marketing yang dari tahun ke tahun selalu berevolusi. Dari konvensional, hingga ke digital. Brand dan bisnis pun ikut dituntut untuk selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman, agar bisa terus bersaing dengan kompetitor dan selalu jadi yang terdepan.

pentingnya SEO

Peningkatan pengguna internet dari tahun ke tahun.

pentingnya SEO

Penetrasi internet yang selalu meningkat setiap tahunnya.

Jika bisnis tidak mengikuti perkembangan zaman dan memperbaiki diri, lama-kelamaan bisnis akan gulung tikar. Terbukti dengan tutupnya majalah Hai, Rolling Stone, hingga FHM di Indonesia baru-baru ini.

Perkembangan ini pun membuat bisnis-bisnis berbenah. Banyak startup dan e-commerce terkemuka di Indonesia menambahkan kemampuan dasar SEO sebagai salah satu syarat untuk menjadi bagian dari marketing. Seberapa penting SEO?

pentingnya SEO

Pentingnya SEO dalam menarik konsumen.

Data menunjukan bahwa pembelian oleh konsumer sebanyak 89% dimulai dari mesin pencari, dalam hal ini Google merupakan mesin pencari yang paling sering diakses. Apa hubungannya dengan SEO? Search Engine Optimization (SEO) adalah praktik untuk meningkatkan traffic website melalui pencarian dari mesin pencari.

Pernahkah Anda mencari suatu barang di Google dan meng-klik link yang teratas? Itulah efek SEO. Dengan SEO website yang Anda miliki bisa menjadi nomor satu di pencarian Google, yang bisa saja berakhir dengan pembelian produk Anda.

Pentingnya SEO

Pengguna SEO di AS selalu meningkat.

Itulah kenapa menguasai dasar SEO sangat penting jika Anda ingin menjadi marketing di era modern, berbeda dengan digital marketing, menguasai SEO lebih dalam adalah kewajiban. Sebagai marketers, Anda dituntut oleh startup dan e-commerce untuk memahami bagaimana keyword dan backlink berdampak ke sebuah website. Memahami bagaimana search engine bekerja. Semua ilmu itu ada di SEO. Anda tidak perlu sulit-sulit untuk ikut membuat konten, karena beberapa perusahaan pasti ada content writer-nya sendiri.

Lalu, kenapa SEO sangat penting bagi perusahaan? Terutama perusahaan yang mengandalkan website sebagai satu-satunya platform?

  1. Bisa meningkatkan brand awareness dan business visibility

1 dari 2 milennials menemukan dan membeli sebuah brand baru dari mesin pencari. Jika dengan SEO website Anda bisa menjadi paling atas di mesin pencari, kemungkinan brand dari sebuah bisnis untuk terkenal akan semakin besar. Semakin sering munculnya website dari sebuah brand juga akan meningkatkan kredibilitas, yang akan menimbulkan brand recall kepada konsumen.

pentingnya SEO

Brodo menggunakan SEO agar tampil di first page

Sama halnya dengan apa yang Brodo lakukan. Brodo sebagai salah satu produsen sepatu kulit menggunakan SEO dalam keyword “Tips memilih sepatu kulit” yang sering dicari oleh orang yang ingin membeli sepatu kulit. Dengan berkunjung ke website Brodo, orang akan di-direct untuk melihat value yang ditawarkan dan berakhir dengan membeli produk dari Brodo.

Hal ini bisa membuat sebuah brand bisa menawarkan produk secara halus melalui hal yang orang-orang butuhkan. Sebuah brand hanya perlu muncul ketika seseorang mencari produk yang Anda miliki. Anda tidak perlu meyakinkan mereka butuh produk atau servis yang Anda tawarkan. Anda hanya perlu meyakinkan ke konsumen bahwa brand Anda adalah yang paling tepat untuk dibeli.

  1. Memberikan ROI terbaik

SEO bisa memberikan Return on Investment (ROI) terbaik ke sebuah bisnis. Website yang menjadi paling atas di mesin pencari bisa mendapatkan 33% engagement dari pengunjung. Karena ini, perusahaan yang investasi di SEO dengan benar bisa mendapatkan ROI lebih besar dari paid ads ataupun Social Media Marketing (SMM). Pun dengan harga yang bisa jadi lebih murah dari cara marketing lainnya.

Karena SEO merupakan salah satu bentuk investasi, sebuah brand tidak akan bisa mengambil manfaat SEO dalam waktu singkat karena SEO adalah suatu taktik jangka panjang.

  1. Meningkatkan traffic

Dengan SEO, website Anda akan memiliki peringkat bagus di mesin pencari yang bisa meningkatkan traffic ke website sebuah brand. Meningkatnya traffic pun bisa berdampak ke banyak hal, seperti meningkatkan brand awareness, meningkatkan kemungkinan produk Anda dibeli, dan memanfaatkan adsense sebagai penghasilan tambahan.

  1. Menggunakan inbound marketing

SEO adalah salah satu bagian dari inbound marketing. 3 dari 4 marketers pun lebih memilih menggunakan inbound marketing sebagai salah satu strategi marketing yang digunakan.

https://www.hubspot.com/company-news/state-of-inbound-2015-reveals-businesses-now-prefer-inbound-marketing-to-outbound-3-to-1

3 dari 4 marketers menggunakan inbound marketing.

https://www.hubspot.com/company-news/state-of-inbound-2015-reveals-businesses-now-prefer-inbound-marketing-to-outbound-3-to-1

Inbound Marketing sebagai salah satu strategi.

Inbound Marketing pun dapat meningkatkan 92% pengunjung ke website. Begitupun dengan 84% pelaku bisnis sudah menggunakan inbound marketing secara konsisten untuk menarik pelanggan.

Pentingnya SEO

Efek Inbound dalam menarik konsumen.

  1. Semua sudah melakukannya

Hampir semua perusahaan sudah melakukan content writing yang didukung dengan SEO untuk memantapkan posisi-nya melawan pesaing. Content writing yang dimaksud adalah membuat banyak tulisan mengenai bidang yang berhubungan. Misalnya, Traveloka menerbitkan tulisan tentang bagaimana cara menikmati perjalanan, ataupun Bukalapak yang menulis tentang Harbolnas.


Pada akhirnya evolusi marketing akan membuat kita mau tidak mau belajar mengenai digital. Karenanya, menguasai dasar SEO adalah salah satu pintu masuk sebelum menguasai lainnya. Hal tersebut pun sudah dimulai dengan startu-up dan e-commerce besar di Indonesia yang merekrut marketing staf dan menjadikan SEO sebagai salah satu dasar kemampuan.

Bagaimana dengan orang yang tidak tertarik dengan dunia marketing? Belajar SEO tetaplah salah satu aset yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Jika Anda ingin mendapatkan uang dari Adsense ataupun Paid Ads, menguasai SEO adalah salah satu dasar. Bahkan, kemampuan SEO tersebut juga bisa Anda jual sebagai salah satu servis.

Selamat berjuang.

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of