belajar internet marketing

Pentingnya Belajar Internet Marketing bagi Public Relations dan Marketer

Banyak public relations officer dan marketer yang masih mementingkan hal-hal yang konvensional. Padahal, ada peluang dengan pesatnya perkembangan teknologi. Lalu, apa pentingnya belajar internet marketing untuk dua pekerjaan tersebut di masa depan?


Bekerja di dunia seperti marketing dan public relations telah menjadi tantangan sulit. Bagaimana tidak? Kemampuan untuk berbicara di depan khalayak, memahami keinginan audiens dan menjual produk secara kreatif merupakan aset yang harus dimiliki ketika Anda menginginkan pekerjaan tersebut.

Adaptasi dengan perkembangan zaman pun wajib dilakukan agar tidak tertinggal. Mulai dari teknologi hingga tren.

Baca juga: Belajar Digital Marketing Sebagai Investasi

Dengan adanya perkembangan teknologi dan tren ini juga, muncul sebuah peluang dari kedua pekerjaan tersebut yang bisa membuat Anda stand out dari pekerja lainnya. Lalu, apa saja skills yang dibutuhkan oleh marketer dan public relations officer yang sangat identik dengan kemampuan internet marketing?

Bagi Marketer

Tujuan utama dari seorang marketer adalah menarik perhatian audiens untuk membeli produk/jasa yang dimiliki. Lalu, bagaimana menguasai dasar dari internet marketing bisa membantu? Apakah menguasai dasar dari internet marketing merupakan masa depan dari marketer?

Perkembangan teknologi mengubah banyak hal. Bahkan, dari hal simpel sekalipun; berbedanya kualitas nongkrong dengan teman ketika sudah ada Instagram. Hingga hal yang lebih rumit; munculnya pekerjaan baru. Mulai dari social media administrator hingga content strategist. Apakah dulu pekerjaan tersebut ada? Tidak ada.

Padahal, tujuan mereka sama: menarik perhatian audiens. Perkembangan inilah yang menuntut seorang marketer untuk bisa menguasai teknologi dan perkembangan media sosial. Terutama dengan adanya hasil riset di bawah ini.

belajar internet marketing

Data marketer di tahun 2020

Dari data tersebut bisa dilihat bahwa pada tahun 2020 diprediksi bahwa smartphone memiliki dampak yang sangat besar terhadap pemasaran. Bahkan, sekarang coba Anda lihat sekitar, apakah orang-orang lebih sering bermain smartphone daripada bengong ketika menunggu sesuatu?

Baca Juga: Strategi Digital Marketing yang Efektif

Di sinilah adanya sebuah peluang. Ketika orang yang sudah lama masuk ke dunia marketing terbiasa dengan promosi konvensional, mulai dari baliho hingga flyer, sekarang Anda bisa memasarkan melalui channel yang dekat dengan audiens; smartphone.

Hal lain untuk menguatkan, coba perhatikan semua channel marketing offline di sekitar Anda. Apakah di baliho memiliki media sosial atau website? Atau diarahkan untuk men-scan QR Code? Sekarang semua terintergrasi dengan dunia digital. Pemasaran konvensional pun hanya menjadi pintu masuk.

Lalu apa yang harus dilakukan? Maksimalkan content marketing, pahami dasar SEO, hingga kuasai media sosial. Hal-hal yang menjadi dasar dari internet marketing di masa depan akan menjadi marketing konvensional yang baru.

Bagi Public Relations Officer

Ragam pekerjaan PR konvensional sangat identik dengan menjalin relasi ke berbagai pihak, hingga menulis press release. Padahal, para ahli public relations pun memprediksi bahwa PR dan marketer akan memiliki pekerjaan yang sangat mirip di masa depan.

belajar internet marketing

Public Relations semakin mirip marketing

Dari data tersebut bisa dilihat bahwa pekerjaan seorang public relations diprediksi akan mirip sekali dengan marketer. Tidak hanya sebatas membuat press release, tapi membuat konten untuk media sosial. Tidak hanya menjalin relasi dengan banyak pihak, tapi juga me-maintain persepsi publik melalui media sosial.

Belajar internet marketing

Kemampuan Storytelling sangat penting bagi PR

Kemampuan untuk bercerita pun dinilai akan menjadi penting. Bagaimana menjadikan brand yang dikelola bisa terlihat sangat dekat dekat? Tunjukan sisi humanism-nya dengan storytelling. Misalnya, tidak hanya menunjukan audiens yang datang di acara yang diadakan, tapi juga tambahkan cerita atau hal unik yang terjadi.

Belajar internet marketing

Skills yang paling dibutuhkan oleh PR di masa depan.

Jika kemampuan strategic planning dan menulis sudah harus dikuasai sejak dulu, Berbeda dengan munculnya media sosial, analytics, hingga big data.

Lalu, apa yang perlu dilakukan? Pahami algoritma dan fitur-fitur baru di media sosial, pelajari formula dalam excel yang bisa mempermudah pengelolaan analytics setelah melakukan campaign dan tingkatkan kemampuan storytelling melalui tulisan.


Pelajari hal-hal tersebut jika Anda ingin stand out dibanding pekerja lainnya, bahkan jika Anda sudah menekuni bidang tersebut sekalipun.

Terutama jika perusahaan atau usaha yang Anda miliki belum menyentuh hal-hal tersebut, bisa Anda jadikan sebagai inovasi kedepannya.

Selamat mencoba.

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.