surga tersembunyi jepang

Jalan-jalan ke Nikko: Surga Tersembunyi Jepang

Selama 10 hari backpacker ke Jepang, saya mengunjungi beberapa daerah sekitar Tokyo dan Nikko adalah yang terbaik. Bagaimana cara menuju surga tersembunyi Jepang dan apa saja yang bisa dilakukan di sana?


Nikko ada di bagian utara Tokyo. Nikko sendiri adalah dataran tinggi, hampir mirip seperti Nagano. Bahkan, saya pun menyarankan, jika tidak punya waktu dan uang untuk pergi jauh dari Tokyo, Nikko adalah tempat yang tepat!

Kenapa? Karena Nikko memiliki semua-nya. Mulai dari temple dan shrine, air terjun, onsen, hingga wisata Edo. Selain itu alasan terbaik untuk berkunjung ke sini, menurut saya, adalah sepi! Tidak banyak turis yang berkunjung ke sini karena memang tempat ini tidak terlalu populer untuk turis. Bahkan, jam 8 malam saya berkeliling pun jarang sekali bertemu orang di jalan.

Baca Juga: 10 Hari Backpacker ke Jepang

Udara-nya pun lebih dingin dari Tokyo, karena memang di dataran tinggi. Sehingga suasana Jepang lebih terasa. Haha. Lalu, bagaimana cara untuk menuju Nikko?

Menuju Nikko dari Tokyo

Untuk menuju Nikko sebenarnya ada beberapa cara, tapi saya akan memberikan cara yang termudah dan hemat di bawah ini.

  1. Cara pertama adalah menggunakan Tokyo Wide Pass. Ini bisa digunakan kalau kamu memang berniat untuk membeli TWP saat berkeliling Tokyo, dan Nikko termasuk dalam cakupan TWP tersebut. Harganya adalah 10.000 JPY untuk waktu 3 hari. Detail lebih lanjut tentant TWP bisa baca di sini.
  2. Cara kedua menggunakan Tobu-Nikko Pass. Pass ini tersedia hanya untuk turis dengan 3 pilihan pass. Semua pass pun sudah termasuk biaya dari Tokyo dan transportasi di Nikko.
surga tersembunyi jepang

Jadwal keberangkatan dari Asakusa. Jadwal kereta lokal yang ditandai merah.

surga tersembunyi jepang

Internal dari kereta lokal Asakusa-Nikko

Baca juga: Transportasi di Jepang

surga tersembunyi jepang

Tobu Tourist Information Center di Asakusa untuk membeli Tobu Nikko Pass

Tobu Nikko Pass dibagi menjadi 3:

  • Nikko All Area Pass

Pass ini berlaku untuk 4 hari 3 malam dengan harga 4520 JPY. Cakupannya bus lokal hingga ke Yumoto Onsen (wisata terjauh di Nikko)

  • Nikko City Area Pass

Sesuai namanya, pass ini hanya mencakup daerah kota Nikko dengan harga lebih murah, 2670 JPY untuk 2 hari 1 malam. Membeli ini pun cukup worth it kok dengan 2 hari, karena banyak tempat wisata yang bisa kamu datangi.

surga tersembunyi jepang

Nikko City Area Pass difoto di stasiun Asakusa

  • Theme Park & Nikko City Area Pass

Di Nikko, ada 2 theme park terkenal, yaitu Edo Wonderland dan Tobu World Square Dengan membeli pass ini kamu bisa berkunjung ke dua tempat tersebut. Dengan 8010 JPY kamu bisa mendapatkannya dan Nikko City Area Pass. Jika kamu hanya ingin berkunjung ke Tobu World Square, 4710 JPY. Jika hanya Edo Wonderland sebesar 6610 JPY.

Ketiga pass Nikko di atas bisa kamu beli di Tobu Tourist Information Center di Asakusa. Pass di atas pun hanya termasuk kereta biasa menuju Nikko (dengan 2x transit). Jadwalnya pun terbatas, paling siang itu berangkat pukul 9.43 dari Asakusa dan sampai di Tobu Nikko Stasiun jam 12 siang.

Sebenarnya, ada kereta lain yaitu limited express, Spacia dan Revaty, tapi kamu harus mengeluarkan uang lebih. Pembelian limited express train pun mendapatkan diskon 20% jika kamu membelinya bersamaan dengan Nikko Pass. Harga tambahan untuk membeli tiket limited express tersebut adalah 1160 JPY.

Terus gimana kalo menggunakan TWP? Tenang, di Nikko juga ada pass untuk keliling, kok. Ada 7 pass unlimited bus di Nikko yang bisa kamu pilih.

  • Yumoto Onsen Free pass

Pass ini seharga 3000 JPY tujuan akhirnya Yumoto Onsen dengan jalur di peta berwarna hijau. Pass ini berlaku untuk 2 hari dan beberapa wisata recommended pun dilewati, seperti Ryuzu Falls (Air terjun yang beku saat musim salju), hingga Senjogahara Moor.

  • Senjougahara Free Pass

Pass seharga 2650 JPY ini berlaku untuk 2 hari dengan tujuan akhir Sambommatsu. Di peta, rute ini memiliki warna merah. Sebenarnya, rute yang dilewati mirip dengan Yumoto Onsen, hanya rute ini berhenti di Sambommatsu, 4 stop sebelum Yumoto Onsen.

  • Chuzenji Onsen Free Pass

Pass ini adalah yang favorit bagi turis. Chuzenji adalah wisata paling terkenal di Okunikko. Dengan 2000 JPY dan aktif untuk 2 hari, bus ini memiliki tujuan akhir Osaki. Rute warna coklat ini melewati Chuzenji Lake dan Kegon Falls.

  • Ozasa Bokujo Free Pass

Pass seharga 1800 JPY ini aktif untuk 2 hari dengan tujuan akhir Ozasa Bokujo. Rute ini berwarna hijau gelap dan berbeda dari ketiga rute sebelumnya. Rute ini melewati Ozasa Farm dan Kirifuri Plateau.

  • Kirifuri Kogen Free Pass

Pass seharga 1200 JPY ini memiliki rute arah yang sama dengan Ozasa Bokujo. Perbedaannya hanya tujuan akhir yang lebih dekat dari Tobu Nikko Station, yaitu Kirifuri Kogen, 3 stop sebelum Ozasa Bokujo.

  • Kirifuri No Taki Free Pass

Pass ini seharga 600 JPY dan hanya berlaku 1 hari. Rute pun sama seperti Kirifuri Kogen, tapi berbelok sedikit dengan tujuan akhir Kirifuri No Taki yang memiliki Yama-No-Restaurant.

  • World Heritage Sightseeing Bus

Pass ini seharga 500 JPY dan berlaku hanya untuk 1 hari. Pass ini sama jika kamu membeli Tobu Nikko City Area Pass, dengan cakupan hanya wisata di tengah kota. Sangat cocok untuk kamu yang berencana pergi pagi dan pulang malam di Nikko. Jadwal lengkap dari World Heritage Sightseeing bus bisa diunduh di sini.

surga tersembunyi jepang

Rute detail semua pass

TOP TIPS

Naik kereta lokal di Asakusa station untuk menuju Nikko, ambil stasiun nomor 1. Kemudian ganti kereta di Hikifune dan Minami Kurihashi. Perjalanan sekitar 2 jam.

Transportasi dan pilihan pass di Nikko bisa dibaca langsung di website-nya di sini.

Wisata di Surga Tersembunyi Jepang

Ada 2 daerah wisata di Nikko, pertama pusat kota, yang terjangkau oleh Nikko City Area Pass dan Kirifuri yang terjangkau Nikko All Area Pass. Kedua Okunikko, yang terjangkau oleh Nikko All Area Pass. Okunikko tempatnya lebih jauh, karena itu Nikko All Area Pass cocok untuk kamu yang mau menikmati Nikko selama 4 hari. Kemarin sih saya ambil yang City Area Pass karena emang waktu yang dialokasikan hanya 2 hari.

surga tersembunyi jepang

Tempat wisata yang terjangkau Nikko City Area Pass

Berikut ini beberapa tempat wisata yang termasuk ke dalam Nikko City Area Pass:

Hari 1: Shinkyou Bridge – Rinnoji Temple – Toshogu Shrine – Futarasan Shrine – Taiyunbyo

Itu adalah rute yang bisa kamu ambil secara berurutan. Dengan menggunakan world sightseeing Bus dari Tobu Nikko Station, kamu berhenti di stasiun nomor 7 sebagai pemberhentian pertama, yaitu Shinkyou Bridge.

Shinkyou Bridge adalah jembatan yang menjadi pintu masuk dari temple dan shrine di Nikko. Untuk masuk ke dalam, kamu perlu membayar 300 JPY. Jika tidak ingin masuk, kamu pun tetap bisa memfoto dari sudut foto saya di bawah ini.

surga tersembunyi jepang

Shinkyou Bridge, tidak perlu masuk untuk foto seperti ini.

surga tersembunyi jepang

Jalan dari Shinkyo Bridge – Rinnoji Temple

Tujuan selanjutnya adalah Rinnoji Temple. Untuk ke sini, kamu bisa berjalan naik tangga dan ikuti banyak orang. Kamu akan bertemu temple lain (tidak terlalu terkenal) dan Rinnoji Temple beserta Shoyoen (Japanese garden). Untuk masuk ke dalam Rinnoji Temple, kamu harus membayar 400 JPY dan menambah 300 JPY jika ingin masuk ke Shoyoen dan Treasure House di depan Rinnoji Temple. Kamu pun bisa membeli combined ticket Rinnoji + Taiyunbyo lebih murah seharga 900 JPY.

surga tersembunyi jepang

Rinnoji Temple, masuk membayar 400 JPY.

surga tersembunyi jepang

Jalan Rinnoji Temple-Toshogu Shrine sangat dekat.

Selanjutnya adalah Toshogu Shrine, 5 menit berjalan dari Rinnoji Temple. Toshogu Shrine adalah shrine favorit saya selama di Jepang. Jadi, sangat worth-to-visit. Toshogu shrine adalah shrine termahal di Nikko, dengan biaya masuk itu 1300 JPY. Jika ingin masuk ke museum juga, biaya yang dikeluarkan menjadi 2100 JPY. Tapi, Toshogu Shrine itu sangat luas, bahkan kamu bisa naik jauh ke atas untuk melihat temple di atas bukit.

surga tersembunyi jepang

Gate masuk Toshogu Shrine.

surga tersembunyi jepang

Tampak dalam Toshogu Shrine

surga tersembunyi jepang

Tangga naik di dalam Toshogu menuju temple di atas bukit.

Rute selanjutnya menuju Futarasan Shrine. Menuju ke sana, kamu akan berjalan melalui jalan panjang yang menurut saya sangat cantik karena ada lampu berpola yang bagus difoto haha. Berjalannya sekitar 7 menit. Untuk masuk ke dalam, hanya membayar 200 JPY. Saya pun tidak masuk karena tidak terlalu berminat.

surga tersembunyi jepang

Jalan menuju Futarasan Shrine dari Toshogu Shrine

surga tersembunyi jepang

Futarasan Shrine tampak depan, masuk membayar 200 JPY.

Berjalan sekitar 5 menit dan kamu akan sampai di Taiyunbyo. Jika kamu sudah membeli combined ticket Rinnoji Temple, kamu bisa masuk ke sini. Jika belum, kamu bisa membeli tiket terpisah seharga 550 JPY. Saya pun tidak masuk ke sini juga karena ingin hemat haha.

surga tersembunyi jepang

Pintu masuk Taiyunbyo

Itu adalah rute hari pertama yang bisa kamu tempuh dari siang-sore, karena jam setengah 6 adalah jam terakhir bus Sightseeing beroperasi.

Hari 2: Tobu World Square / Edo Wonderland + Onsen Kinugawa Iwaburo

Hari kedua rute yang ditempuh berlawanan dengan sebelumnya. Kali ini kamu tidak akan menggunakan bus sightseeing, tapi kereta lokal yang kamu pakai kemarin. Kamu menuju Shimo-imachi dan berganti kereta menuju Shin Fujiwara.

Tujuan pertama kamu bisa berhenti di stasiun Tobu World Square. Jika kamu sudah membeli pass yang termasuk tiket masuk, kamu bisa masuk. Jika belum, kamu harus membayar sebesar 2800 JPY. Jika kamu sudah membeli pass, itu termasuk tiket bus berkeliling sekitar Tobu World Square, dengan tujuan Edo Wonderland.

Kamu pun bisa memilih untuk berkunjung ke Tobu World Square atau Edo Wonderland. Jika dirasa kurang, kamu bisa saja berkunjung ke dua tempat tersebut, tapi resikonya kamu harus mengambil kereta malam menuju Asakusa dan membayar lebih. Karena, kereta lokal yang gratis, jadwal terakhir keberangkatan menuju Asakusa adalah 17.32. Sedangkan, kereta paling malam itu 20.41 dan bukan kereta lokal.

Tujuan selanjutnya setelah tempat tersebut adalah Onsen Kinugawa Iwaburo. Ini adalah onsen rahasia yang saya temukan. Kamu hanya perlu turun di stasiun Nikko Koen. Di sekitar sini pun saya tidak menemukan turis (sama sekali). Bahkan, ketika saya masuk onsen pun saya menjadi pusat perhatian karena berbeda sendiri haha.

surga tersembunyi jepang

Turun dari stasiun Nikko Koen sepi sekali

surga tersembunyi jepang

Tampak luar Onsen Kinugawa Iwaburo

Karena onsen ini semuanya warga lokal, harganya pun murah, hanya 510 JPY. Berbeda dengan onsen kebanyakan di Tokyo yang harganya bisa 3x lipat. Kalau kamu tidak membawa handuk, kamu bisa membeli seharga 300 JPY. Untuk menggunakan loker menyimpan barang pun kamu harus membayar 100 JPY. Sebenarnya bisa saja jika lokermu tidak dikunci, karena banyak orang yang tidak mengunci juga kok. Tapi, ya ada kemungkinan lokermu dibuka orang karena kuncinya masih menggantung dikira tidak ada isinya.

surga tersembunyi jepang

Tempat membeli tiket. Semua Bahasa Jepang karena tak ada turis.

surga tersembunyi jepang

Peraturan di onsen kalau kamu tak bisa bahasa jepang.

surga tersembunyi jepang

Peta dari Nikko Koen.

Saya pun sangat merekomendasikanmu untuk berkunjung ke sini, karena onsen sangat cocok mengurangi kelelahan. Saya pun sehabis dari onsen badan serasa sangat segar.

Jika kamu membeli Tobu Nikko All Area Pass, tambahan 2 hari bisa kamu gunakan untuk berkunjung ke beberapa tempat lain dan menjadikan Hari kedua di atas menjadi hari keempat.

Hari kedua (menggunakan All Area Pass): Akechidaira –  Kegon Waterfalls – Chuzenji Temple – Hangetsuyama

Hari ketiga: Ryuzu Waterfalls – Senjogahara Marshland – Yudaki Waterfalls – Yumoto Onsen

TOP TIPS:

Jika kamu muslim, Tobu Nikko stasion memiliki tempat untuk sholat di lantai 2. Tapi, hanya bisa digunakan sampai jam 5 sore karena tempatnya selalu dikunci. Untuk membuka, kamu bisa meminta orang di loket pembelian tiket di lantai 1.

surga tersembunyi jepang

Tempat sholat di Tobu Nikko Station

Pastikan kamu melihat waktu pasti keberangkatan dan pulang, karena bus di Jepang itu on time. Kalau tertinggal, kemungkinan besar kamu harus menunggu berjam-jam.

Tinggal di Nikko

Ada beberapa daerah untuk tinggal di Nikko. Pertama, di dekat Tobu Nikko Station, dan kedua di dekat Kinugawa Onsen agar bisa merasakan air panas dari Kinugawa. Saya kemarin tinggal di dekat Tobu Nikko, jalan pun hanya 3 menit. Namanya adalah Nikko Park Lodge yang saya booking via Traveloka seharga 260 ribu semalam.

surga tersembunyi jepang

Tobu Nikko Park Lodge tempat saya tinggal.

Kalau mencari hostel, rate-nya di atas 200 ribu. Bahkan, Nikko Park Lodge itu kemarin yang harganya paling terjangkau. Saya juga kemarin sempat bertemu dengan turis yang mencoba Air BnB dengan harga 500 ribuan.

TOP TIPS:

Mulai sekarang, hati-hati menggunakan Air BnB karena banyak yang di-cancel saat hari H karena tidak memiliki izin. Pastikan host Air BnB terverifikasi dan memiliki review yang bagus akhir-akhir ini sebelum menginap.

Makan di Nikko

Ada beberapa restoran yang cukup terjangkau di sekitar Tobu Nikko Station. Namun, pastikan jika ingin keluar malam hari, keluar sebelum jam 8 karena biasanya sudah pada tutup. Saya pernah membeli makanan di Tobu Nikko Station, dengan menu yang sama seperti di Sevel, harga yang ditawarkan berbeda 200-300 JPY lebih mahal.

Saran saya sih mending beli di Seven Eleven sekalian, jalan sekitar 10 menit dari stasiun. Setelah itu bisa mampir ke Welcia, di depan Sevel membeli kebutuhan lain. Kamu bisa berkunjung ke Welcia di malam hari, setelah keliling Nikko. Welcia itu tutup jam 9 malam, ya.

TOP TIPS:

Beli kebutuhan pokok selain makan berat di Welcia lebih murah. Pocari Sweat di Sevel harganya 150 JPY dan di Welcia hanya 90 JPY. Begitupun makanan lain bisa lebih murah jika membeli di Welcia.


Begitulah perjalanan saya selama di Nikko 2 hari 1 malam. Menurut saya Nikko adalah kota terbaik dari semua kota yang saya kunjungi selama 10 hari backpacker di Jepang.

Baca tulisan saya yang lain selama di Jepang:

10 Backpacker ke Jepang

Jalan-jalan ke Tokyo: Itinerary 4 hari

Transportasi murah dari Narita ke Tokyo

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.

This Article Has 2 Comments
  1. Zakaria says:

    Salam kenal mas, boleh minta itinerary beserta biaya nya? Email saya [email protected] .
    Sekalian mau tanya, saya pernah cek di airbnb di tokyo ada penginapan sekitar 150rb dan ada keterangan host teladan. Apa bisa dipercaya? Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *