mendapatkan penginapan murah

Cara Mendapatkan Penginapan Murah ketika Traveling

Mendapatkan akomodasi murah adalah impian semua traveler. Penginapan murah diyakini akan juga mengurangi pengeluaran selama backpacking. Lalu, bagaimana cara agar bisa mendapatkan penginapan murah ketika traveling?


Akomodasi adalah salah satu aspek penting selama traveling, selain transportasi dan makanan. Karenanya, sangat penting bagi para backpacker yang ingin menghemat pengeluaran, untuk bisa mengatur anggaran yang dihabiskan untuk penginapan.

Apakah mendapatkan penginapan gratis memungkinkan? Mungkin saja.

Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan penginapan murah:

  1. Ikut volunteer

Ada beberapa situs yang menyediakan akomodasi gratis (bahkan makanan gratis), ditukar dengan kerja sebagai volunteer. Situs yang terkenal untuk anak kuliah adalah AIESEC, meskipun tidak semua gratis. Tapi, ada banyak situs lain dan yang paling terkenal seperti Workaway. Selain itu ada Worldpackers, dan Helpstay.

mendapatkan penginapan murah

Beberapa situs yang menyediakan volunteer

Situs Workaway adalah situs paling terkenal di kalangan backpacker. Ada banyak volunteering, misalnya saja mengajar bahasa inggris, marketing, hingga yang paling mudah, menemani keluarga untuk menjadi teman ngobrol bahasa inggris. Mayoritas di Workaway juga gratis penginapan, bahkan beberapa juga diberikan makanan dan transportasi dalam kota gratis. Hanya perlu membayar untuk registrasi menjadi member sebesar 34 USD jika sendirian atau 44 USD jika ingin traveling berdua.

Di Workaway, kalian bisa memilih Negara, hingga contoh volunteer yang diinginkan. Misalnya, kalian hanya ingin volunteer mengajar bahasa inggris anak kecil. Tinggal cari dan pilih berdasarkan review. Karena semua host belum tentu memiliki review yang positif.

  1. Bersedia menemani warga lokal

Bersedia berjalan-jalan, mendapatkan teman baru, hingga bertukar budaya dan bahasa di Couchsurfing. Couchsurfing adalah situs yang sudah terkenal dengan hospitality exchange-nya. Kalian membuka penawaran untuk mencari rumah warga lokal untuk bermalam, kemudian warga lokal tersebut akan menerima tanpa dipungut biaya sepeserpun.

mendapatkan penginapan murah

Couchsurfing untuk mendapatkan teman baru!

Meskipun terlihat gratis, tapi ada tanggung jawab yang juga harus kalian laksanakan. Misalnya, jika mereka ingin belajar bahasa inggris, sering ajak ngobrol bahasa inggris. Jika mereka ingin berjalan-jalan ke suatu tempat, ikut dan temani mereka. Atau bisa saja kalian memberi oleh-oleh khas dari Indonesia sebagai ucapan terima kasih sudah menerima kalian di rumah mereka.

Meskipun terdengar mudah, masih banyak orang yang takut untuk menginap di rumah orang yang tak dikenal. Padahal, tidak terlalu menakutkan jika kalian bisa memilah mana host yang baik dan tidak. Kalian bisa melihat dari review, informasi yang mereka tunjukan di profil, hingga verifikasi dari couchsurfing yang berarti bahwa mereka telah membayar ke couchsurfing.

Bahkan, jika kalian tidak ingin tinggal di rumah mereka namun ingin ditemani selama berjalan-jalan juga bisa.

  1. Hostel

Hostel adalah penginapan murah bagi orang-orang yang masih membutuhkan privasi, tidak ingin secara terpaksa untuk berbicara dengan orang di rumah seperti volunteer ataupun Couchsurfing. Meskipun begitu, hostel tergolong murah karena konsepnya sama seperti dormitory, satu kamar untuk banyak orang.

mendapatkan penginapan murah

Salah satu hostel di Bangkok tempat saya menginap

Dengan ukuran kamar agak besar, hanya tersedia kasur-kasur (yang biasanya tingkat 2), untuk enam, delapan, hingga 12 turis dengan 2 kamar mandi atau lebih. Biasanya semakin banyak isi kamar, semakin murah.

Lalu, bagaimana untuk mendapatkan hostel terbaik? Lihatlah review, rating, dan fasilitas yang ditawarkan. Kalo saya yang menjadi kunci dalam fasilitas adalah dapat breakfast dan dekat dengan tempat pariwisata (atau kendaraan umum) sehingga tidak perlu keluar uang lebih untuk makan dan transportasi.

Sejauh ini saya merekomendasikan membooking hostel di Traveloka (Karena punya Indonesia dan bisa transfer bank lokal) dan Booking.com (karena bisa bayar di tempat dan tidak perlu kartu kredit)

*TOP TIPS*

Tips terbaik booking Hostel via website? Pergunakan fitur Incognito window di browser kalian, karena dengan begitu cache bahwa kalian sudah pernah mencari dan berkunjung tidak terhitung sehingga harga lebih murah.

  1. Sewa apartemen atau rumah

Salah satu opsi jika pergi bersama keluarga dan dalam waktu yang agak lama. Sewa apartemen, atau rumah, di beberapa situs ternama seperti Airbnb, Wimdu, hingga Roomorama. Jika menyewa seminggu, harga akan jadi lebih murah dari hotel sekalipun. Selain itu, ada fasilitas lengkap yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, seperti furnitur hingga dapur jika ingin memasak makanan sendiri.

mendapatkan penginapan murah

AirBnb menyediakan rumah atau apartemen sewaan.


Begitulah 4 cara untuk mendapatkan penginapan murah ketika traveling. Ada yang sudah pernah coba salah satu cara tersebut?

Saya sih sudah pernah mencoba menggunakan Couchsurfing dan Hostel. Dalam waktu dekat juga tertarik untuk volunteering dengan Workaway.

Ada pengalaman menarik? Silakan berbagi di kolom komentar ya!

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.

This Article Has 2 Comments
  1. Badri says:

    Saya pernah kedatangan tamu dari Tunisia sebagai Volunteer teaching English di daerah saya, awalnya dia bukan ke desa saya tapi keponakan yg ajak karna tau saya bisa kmunikasi dngan b.inggris.
    Saya pikir hal demikian sngat membantu upgrade english kita, dia dari workaway katanya.
    Saya pingin mengajukan diri sbg Host, tp kedaan ekonomi dan rumah belum memungkinkan.

    • fauziananta1 says:

      Wah thanks for sharing kak. Kalau mengikuti Workaway biasanya ada waktu minimal, kalau ingin ditinggali hanya dalam waktu beberapa hari, mungkin bisa mencoba Couchsurfing. Semoga membantu. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *