Website penting bagi bisnis

5 Alasan Kenapa Website Penting bagi Bisnis

Masih banyak pebisnis yang belum menyadari pentingnya website bagi bisnis mereka. Padahal, keberadaan website sangat menguntungkan dari segi digital marketing.


Memiliki bisnis sendiri tidaklah mudah. Ada banyak strategi yang harus dipikirkan, mulai dari internal hingga eksternal. Meskipun kedua hal tersebut penting, strategi eksternal menurut saya memegang peranan vital terhadap kesuksesan bisnis. Apakah bisnis Anda mudah ditemukan oleh audiens yang Anda tuju atau tidak? Bagaimana strategi yang tepat?

Baik Anda memiliki offline maupun tidak, memaksimalkan keberadaan dari segi online harus sangat diperhatikan. Didukung dengan data dari Statista yang menunjukan bahwa pada tahun 2017 46.8% dari populasi dunia memiliki akses internet. Memiliki visibilitas dalam dunia online adalah sebuah keharusan.

Website penting bagi bisnis

Prediksi pengguna internet hingga tahun 2021.

Ada beberapa channel yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan visibilitas online yang Anda miliki. Mulai dari website hingga media sosial, semua bisa Anda gunakan. Meskipun begitu, masih banyak bisnis yang tidak memahami keuntungan dari memiliki website bagi bisnis Anda. Padahal, keberadaan website bisa jadi sangat vital bagi perkembangan bisnis di dunia online.

Sebelum membahas mengenai pentingnya memiliki website, Anda harus memiliki website lebih dulu. Saran saya, jika Anda memiliki banyak produk untuk ditampilkan dan ingin mengantisipasi banyaknya traffic yang akan muncul, beli hosting di web hosting Hostinger.

Baca juga: Belajar Digital Marketing

Berikut beberapa alasan kenapa website penting bagi bisnis Anda:

  1. Meningkatkan kredibilitas

Jika Anda punya dua pilihan, membeli produk dari bisnis yang memiliki website dan tidak, mana yang Anda pilih? Kemungkinan besar yang memiliki website karena lebih terpercaya. Itulah yang dilakukan oleh brand-brand besar. Mereka memiliki website untuk meningkatkan kredibilitas di mata audiens.

Selain itu first impression juga sangat penting untuk menentukan kredibilitas. Audiens akan menilai apakah brand Anda memang berkelas, yang dinilai dari berbagai aspek, mulai dari konten media sosial hingga keberadaan website.

  1. Mempermudah pencarian di mesin pencari

Memiliki website mempermudah audiens yang Anda tuju untuk menemukan Anda dibanding hanya memiliki media sosial. Misalnya, Anda menargetkan keyword “Jasa Foto Jogja” untuk masuk ke halaman pertama, website lebih memiliki kemungkinan daripada media sosial seperti Instagram. Dengan adanya hosting yang memiliki Sertifikat SSL dan strategi SEO yang tepat, website Anda akan sangat mudah masuk ke halaman pertama.

  1. Mempermudah informasi

Jika hanya memiliki media sosial, informasi tidak bisa tersusun dengan rapih. Berbeda jika ada website, informasi bisa dikategorisasi sesuai dengan produk yang Anda miliki. Di website juga Anda bisa meningkatkan kemungkinan Anda menjelaskan produk/servis yang Anda miliki secara lebih detil sehingga tidak ada miskomunikasi.

  1. Meningkatkan kepercayaan dengan testimoni

Dengan adanya website Anda bisa menampilkan testimoni pelanggan-pelanggan Anda. Dengan Adanya testimoni juga brand Anda bisa lebih dipercaya. Selain itu, penggunaan fitur produk paling populer bisa membantu audiens Anda memilih apa yang harus dipilih. Paduan kedua hal tersebut bisa meningkatkan kemungkinan audiens Anda membeli produk/servis yang Anda jual.

  1. Buka 24 jam

Jika Anda memiliki toko offline dan ingin membuka selama 24 jam, pengeluaran akan sangat besar. Mulai dari listrik hingga biaya penjaga. Berbeda dengan memiliki website yang bisa dibuka 24 jam. Anda hanya perlu menggunakan uang investasi sebagai awal untuk membeli hosting dan tema yang sesuai. Setelah itu Anda hanya perlu maintenance yang akan jadi lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan penjaga offline setiap hari selama 24 jam.


Begitulah alasan kenapa website penting bagi bisnis Anda. Dengan adanya website Anda bisa meningkatkan exposure sebagai investasi keuntungan di masa depan.

Sekarang saatnya Anda memiliki website. Saran saya memilih hosting Professional di web hosting Hostinger untuk hasil yang lebih optimal.

Selamat mencoba!

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.