dari narita ke tokyo

Transportasi Murah dari Narita ke Tokyo

Dibukanya jalur baru Air Asia dari Jakarta-Narita membuat banyak backpacker lebih memilih untuk mendarat di Bandara Narita daripada Bandara Haneda. Bagaimana cara termurah dari Bandara Narita ke Tokyo?


Bandara Narita adalah bandara yang banyak disinggahi oleh maskapai LCC (Low Cost Carrier). Jadi, jangan heran kalau ada beberapa transportasi murah dari Narita ke Tokyo karena pemerintah Jepang berusaha menaikan pariwisata untuk berbagai kalangan.

Baca juga: Transportasi di Jepang

Tapi, Narita itu bukan di Tokyo, lebih tepatnya di Chiba. Sehingga waktu tempuh pun bisa lebih lama, sekitar 1 jam menggunakan bus. Ada beberapa transportasi yang bisa digunakan dari Narita ke Tokyo, mulai dari bus, kereta, hingga taksi.

Bus Dari Narita ke Tokyo

Ada beberapa opsi bus, mulai dari bus limousine, Tokyo Access Narita, hingga Shuttle Bus. Kelebihan menggunakan bus adalah tidak perlunya transit dan harga yang lebih murah dibandingkan kereta. Waktu yang dihabiskan dari Narita ke Tokyo pun tidak terlalu berbeda jauh.

Pertama, Tokyo Access Narita. Bus yang saya gunakan dari Tokyo ke Narita. Tokyo Access Narita ini paling praktis, karena tidak perlu reservasi tiket. Kamu hanya perlu mengantri dan bus akan datang. Jadwal paling pagi adalah 7.25 dan paling malam adalah 22.45. Biayanya pun murah, hanya 1000 JPY dan bayar di bus.

Sebenarnya ada jadwal untuk keberangkatan dini hari, jam 1 dan jam 4 pagi. Tapi, biaya meningkat jadi 2000 JPY. Karena itu, banyak orang Jepang yang memilih untuk bermalam di bandara daripada mengambil bus dini hari.

dari narita ke tokyo

Antrian dibagi menjadi dua, untuk yang sudah dan belum reservasi.

Dari narita ke tokyo

Bus Tokyo Access Narita dari Tokyo Station

Jika dari Narita ke Tokyo station jadwal paling pagi adalah 7.25, berbeda dengan Tokyo – Narita, yaitu pukul 5.30. FYI, Tokyo Access Narita ini melayani 2 pemberhentian, menuju Tokyo Station dan Ginza Station. Kedua stasiun yang berada di tengah kota Tokyo dan ada JR line dan subway, mempermudahmu untuk pergi ke destinasi selanjutnya. Jadwal bus yang lebih lengkap bisa dibaca langsung di website Tokyo Access Narita. 

dari narita ke tokyo

Terminal nomor 7 pemberhentian di Tokyo Station

Top Tips:

Jika kamu berangkat dari stasiun subway di Tokyo Station, kamu harus berlajan sekitar 7 menit ke arah JR Station. (Keluar di Marunouchi south entrance dan jalan lurus ke luar) Kemudian mengantri di terminal nomor 7.

Kedua, Shuttle Bus. Shuttle bus ini hanya melayani satu tujuan, Tokyo Station. Meskipun harganya bisa lebih murah, sekali perjalanan 1000 JPY, dan round trip 1900 JPY, proses-nya tidak sepraktis Tokyo Access Narita. Kamu harus lebih dulu membeli tiket di konter dan tiket PP pun harus dibeli di hari yang sama.

Keunggulan Shuttle bus pun kamu bisa reservasi, harga pun menjadi 900 JPY jika pembayaran dilakukan 2 hari sebelum berangkat. Untuk jadwal keberangkatan dari Narita dan Tokyo Station, bisa dilihat langsung di website Tokyo Shuttle

Top Tips:

Menggunakan Shuttle Bus atau Tokyo Access Narita, bagasi yang masuk ke bawah bus hanya 1/orang yang diperbolehkan.

dari narita ke tokyo

Di bus, maksimal hanya boleh membawa 1 bagasi untuk dimasukan ke baggage storage.

Ketiga, Limousine Bus. Bus ini sih tidak saya rekomendasikan karena terlalu mahal. Sekali perjalanan menuju Tokyo itu menghabiskan 3100 JPY. Kelebihannya hanya bisa mengantarmu menuju hotel-hotel terkenal di Tokyo. Pelayanannya pun lebih eksekutif karena tidak perlu mengurus barang bawaan lagi. Pembelian tiket dan jadwal bisa dilihat di sini.

Kereta dari Narita ke Tokyo

Jalur yang dilewati di Bandara Narita adalah Keisei Line. Enaknya menggunakan Keisei Line adalah terhubung dengan Toei Asakusa Subway Line, cocok untuk kamu yang sudah membeli TST, dan juga melewati Yamanoto Line, untuk yang sudah membeli JR Pass.

Selain lebih mahal, menggunakan kereta juga membuatmu harus transit beberapa kali. Apalagi jika kamu membawa barang bawaan banyak, saran saya sih menggunakan bus saja.

Berapa biaya yang dihabiskan? Jika tujuanmu Tokyo Station, gunakan JR Narita Line dengan biaya yang dihabiskan adalah 1140 JPY dengan waktu perjalanan 1 jam 18 menit, dan tidak transit. Namun jika tujuanmu Shinjuku, waktu yang dihabiskan akan lebih lama dan biaya yang dikeluarkan juga 1320 JPY.

Skyliner dari Narita ke Tokyo

Kereta ini lebih cepat dari kereta biasa dan biaya yang dikeluarkan pun lebih mahal. Waktu yang ditempuh dari Narita ke Ueno hanya 41 menit, berbeda dengan kereta biasa yang mungkin bisa lebih dari 1 jam 30 menit. Biaya yang dikeluarkan menuju Ueno itu 2470 JPY, cukup murah kalau memang kamu buru-buru. Untuk reservasi tiket bisa di sini.

Narita Express dari Narita ke Tokyo

Menurut saya ini opsi terbaik kalau tujuanmu bukan hanya Tokyo. Dari Narita-Yokohama, dan beberapa daerah di Tokyo hanya menghabiskan 4000 JPY untuk round trip. Kursi yang kamu dapatkan pun single seat yang nyaman dan ada wifi. Jadwal keberangkatan dan waktu yang ditempuh bisa kamu cek di sini.

Tiket ini pun perlu reservasi, dengan beberapa stasiun tujuan. Mulai dari Akihabara, Shinjuku, Ofune, hingga Yokohama. Semua hanya 4000 JPY untuk round trip dalam waktu 14 hari. Yang kamu butuhkan hanya paspor untuk menunjukan kamu turis. Petunjuk lebih lanjut bisa dibaca di sini.

Taksi dari Narita-Tokyo

Sangat tidak direkomendasikan. Siapa yang mau menghabiskan 20000 JPY ketika kalian bisa menghabiskan hanya 10% dengan kereta dan bus?


Itulah transportasi yang bisa kamu gunakan dari Narita ke Tokyo. Banyaknya transportasi yang bisa kamu pilih berdasarkan kebutuhan dan uang.

Baca juga: 10 hari Backpacker ke Jepang

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *