cara membuat e-paspor

Cara Membuat E-Paspor di Kanim Jakarta

Menggunakan E-paspor dinilai lebih aman karena tidak mungkin disalahgunakan. Selain itu, dengan E-paspor kamu bisa berkunjung ke beberapa negara dengan bebas visa, termasuk Jepang. Tapi, tidak semua kantor imigrasi bisa membuat E-paspor loh! Lalu, bagaimana sih cara membuat E-paspor?


Banyak orang yang ingin mengganti paspor biasa ke E-paspor karena sejak 2014, ke Jepang bisa tanpa visa, tinggal menggunakan E-paspor bisa mendapatkan bebas visa 15 hari. Bisa gak sih kalo mau ganti ke E-paspor padahal paspor yang lama belum habis masa berlakunya? Bisa banget!

Kalau ingin membuat E-paspor, cuman bisa di Kantor Imigrasi berikut ini:

  • Kantor Imigrasi Khusus Jakarta Selatan
  • Kantor Imigrasi Khusus Jakarta Barat
  • Kantor Imigrasi Khusus Bandara Soekarno-Hatta
  • Kantor Imigrasi Jakarta Pusat
  • Kantor Imigrasi Jakarta Utara
  • Kantor Imigrasi Tanjung Priok
  • Kantor Imigrasi Surabaya
  • Kantor Imigrasi Batam

Bulan Februari lalu, saya berminat untuk mengganti ke E-paspor. Setelah baca-baca, banyak yang merekomendasikan untuk pergi ke kantor imigrasi Jakarta Pusat, karena pelayanan bisa menggunakan WhatsApp. Loh, gimana caranya? Sebenarnya bisa ke kantor imigrasi lain, pendaftaran melalui aplikasi tapi saya udah nyoba berkali-kali selalu gagal mendaftar.

  1. Pendaftaran Melalui WhatsApp

Caranya gampang kok, tinggal langsung hubungi ke nomor Kanim Jakarta Pusat di 0812 9900 4406. Kalian bisa langsung mengetik #tgllayanan untuk mendapatkan informasi kapan jadwal tersedia dalam beberapa minggu ke depan. Sistem mereka langsung memberi tahu tanggal berapa yang bisa kita booking beserta cara mendaftar. Tinggal ikuti perintah-nya dan disarankan untuk datang setengah jam sebelum waktu yang ditentukan.

Top Tips:

Saran saya datang lebih awal lagi. Karena saya mendapat jadwal jam 10 dan datang setengah 10. Ternyata, sudah ramai sekali, jadi baru dapet giliran setengah 2. Kalau ingin dapat duluan bisa datang dari jam 8 pagi.

  1. Datang ke Kantor Imigrasi

Kantor Imigrasi Jakarta Pusat itu ada di Kemayoran. Ada beberapa persyaratan yang harus dibawa kalau ingin membuat E-paspor.

Syarat pembuatan E-paspor jika sudah punya paspor sebelumnya:

  • Fotokopi KTP Elektronik
  • Paspor Lama

Syarat pembuatan E-paspor jika belum punya paspor sebelumnya:

  • Asli & Fotokopi KTP Elektronik
  • Asli & Fotokopi Kartu Keluarga
  • Akta kelahiran, atau buku nikah

Persyaratan di atas wajib ya, kalau tidak ada, tidak bisa membuat E-paspor. Gimana kalo lupa mem-fotokopi syarat tersebut? Tenang, di Kanim Jakpus ada tempat fotokopi di bagian belakang.

cara membuat e-paspor

Kantor Imigrasi Jakarta Pusat

Setelah persyaratan lengkap, segera minta form pengajuan di dalam dan segera mengantri untuk mengumpulkan berkas.

cara membuat e-paspor

Tempat mengantri. Bisa mengambil berkas permohonan di meja kiri (yang ada orang baju putih)

Setelah mengumpulkan berkas, kamu akan dapat nomor antrian yang kemudian bisa ditunggu di lantai atas.

cara membuat e-paspor

Tempat mengantri pemanggilan wawancara

Tinggal menunggu giliran dipanggil. Gak terlalu lama kok, paling 1 antrian kisaran 3-5 menit. Tapi ingat, ada istirahat jam 12.00 – 13.00 hari Senin-Kamis dan istirahat 11.00 – 13.00 di hari Jum’at. Jadi, usahakan dateng agak jauh dari jam tersebut biar gak kepotong jam istirahat dan harus nunggu lebih lama.

Setelah masuk, kamu akan ditanya-tanya buat apa buat E-paspor. Petugasnya ramah kok, banyak petugas yang muda juga. Petugas yang ngurusin saya kemarin bahkan baru lulus dari AIM. Setelah ditanya-tanya, langsung difoto. Proses cepat, kok.

  1. Pembayaran Melalui Transfer

Setelah foto, kamu akan diberikan instruksi untuk pembayaran via transfer. Jumlah yang harus dibayarkan adalah 655.000 untuk pembuatan E-paspor. Pembayaran bisa dilakukan paling lambat 7 hari setelah wawancara.

  1. Pengambilan E-paspor

E-paspor bisa diambil setelah 5 hari kerja. Kamu akan mendapat kabar melalui WhatsApp kalo E-paspor selesai diproses. Untuk pengambilan, syarat-syarat yang harus dibawa adalah kertas yang diberikan setelah wawancara dan bukti transfer. Bagaimana jika orang lain yang mengambil? Bisa.

Jika yang mengambil masih satu keluarga, hanya perlu membawa Kartu Keluarga asli dan Fotokopi. Tapi, jika bukan termasuk anggota keluarga, harus ada surat kuasa pengambilan oleh orang yang mengambil.


Jika proses telah selesai, E-paspor-mu pun sudah siap digunakan! Sekarang, pembuatan E-paspor sudah mulai menggunakan digital jadi lebih praktis, tidak perlu mengantri dari subuh.

Sekarang, giliranmu untuk membuat E-paspor!

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *