barang penting traveling

Barang-Barang Penting Traveling yang Wajib Dibawa

Ingin solo traveling? Perlu memastikan barang apa saja yang dibawa? Berikut daftar barang-barang penting traveling yang wajib dibawa.


Banyak orang yang merasa insecure tentang barang-barang yang dibawa ketika traveling. Takut karena jika tertinggal harus beli di sana dengan harga yang tak menentu. Cara klasik adalah menyusun list untuk barang-barang penting traveling yang akan dibawa. Meskipun, terkadang masih sering kelupaan.

Daftar barang-barang penting traveling ini pun saya sesuaikan dengan perjalanan saya 13 hari keliling Asia Tenggara. Namanya juga backpacker, pasti bawa backpack bukan koper. Lagipula, dengan backpack saya bisa lebih fleksibel dibanding harus membawa koper kemana-mana. Di perjalanan pun saya hanya membawa dua tas, karena yang bisa dibawa ke kabin pesawat maksimal dua. Selain itu, untuk memudahkan juga selama traveling.

Selama perjalanan keliling ASEAN, saya beli tiket pesawat tanpa bagasi karena harga lebih cocok untuk backpacker seperti saya. Jadi, semua harus masuk kabin. Ingat, tas di kabin juga ada batasan. Batasan dimensi dan berat. Untuk dimensi, agar lebih mudah, tas carrier maksimal yang bisa kalian bawa adalah ukuran 45l. Kalo lebih dari itu jangan diisi full. Sejauh ini beberapa orang bilang selama bawa tas carrier pasti aman ya, tapi untuk jaga-jaga aja. Gak mau kan tiba-tiba suruh buang barang di negeri orang? Untuk berat maksimal 7kg. Tapi kemarin saya selama PP di Jakarta dan Vietnam barang lebih dari 7kg (tapi di bawah 8kg) juga gpp kok.

Tas yang dibawa itu maksimal 2, satu tas besar dengan berat 7kg dan satunya tas kecil dengan berat maksimal 3 kg. Saya kemarin bawa 2 tas, satu tas carrier 40l dan satu lagi tas kecil Xinhua untuk meletakan barang-barang penting seperti paspor, catatan, kamera. Pokoknya semua barang yang bisa saya ambil dengan lebih mudah. Pilih tas juga jangan yang berbahan tipis ya, karena selama perjalanan bisa aja ada orang yang merobek menggunakan pisau.

 

barang penting traveling

Tas kecil 18l yang saya bawa

Bagaimana dengan barang lain yang saya bawa?

Obat-obatan

Ini adalah yang paling penting selama traveling. Kalo sakit kan gak bisa ke mana-mana. Saya pun sempat sakit ketika di Kamboja, karena ada obat-obatan ketika sampai HCMC udah sehat. Saya pun merekomendasikan untuk membawa beberapa obat-obatan dari Indonesia. Kenapa? Karena harga obat-obatan di sana tidak menentu. Kalo sakitnya masih di kota sih enak, bisa ke apotek terdekat dengan harga yang sudah pasti. Lah, kalo sakitnya di pedesaan? Kan bingung beli obatnya di mana dan harga bisa dipermainkan. Ini list obat-obatan yang saya rekomendasikan: (Yang saya bold adalah obat yang saya bawa)

  1. Vitamin C. Terserah mau yang mana tapi bisa diminum rutin biar tetep fit selama backpacker.
  2. Obat flu. Kemarin sih saya bawa Neozep karena itu emang udah ampuh buat tubuh saya. Kalo misal Kalian punya obat lain, ya silahkan.
  3. Koyo. Ini sangat berguna. Selain bisa dipake saat pusing, bisa dipake juga untuk pundak apalagi kalo udah capek bawa tas. Dipake koyo dijamin deh besok udah enakan.
  4. Gel pereda nyeri. Ini bisa dibawa kalo kalian lebih seneng make gel karena bisa dipakai berkali-kali.
  5. Plester. Ini buat jaga-jaga kalo misal tiba-tiba ada luka.
  6. Tolak angin.
  7. Minyak kayu putih. Mungkin beberapa seneng make ini, tapi saya sih gak seneng sama baunya. Mungkin beberapa traveler lain dari luar juga gak seneng. Jadi, hati-hati aja.

Alat Mandi

Untuk alat mandi, ada peraturan di pesawat yang harus kalian tahu kalo mau bawa ke kabin, yaitu cairan tidak boleh lebih dari 100 ml. Jadi, lupakanlah bawa sabun dengan kotak besar. Itu setiap botol ya, bukan akumulasi. Jadi, banyak botol gak papa asal gak ada yang lebih dari 100 ml dan semua dimasukin ke dalam suatu tempat. Kalo saya sih beli tas khusus untuk meletakkan alat-alat mandi. Kalo misal gak punya bisa dimasukin jadi satu ke dalam plastik transparan.

barang penting traveling

Tempat alat mandi yang saya gunakan. Semua harus masuk satu tempat.

  1. Sabun
  2. Shampoo
  3. Sikat gigi
  4. Pasta gigi
  5. Sabun muka
  6. Handuk. Kalo bisa nyari handuk yang kecil biar gak makan tempat dan cari yang microfiber jadi cepat kering.
  7. Deterjen. Kemarin saya bawa sachetan. Niatnya sih buat nyuci, tapi ternyata saya malas dan akhirnya ke laundry-an di Vietnam karena hostel ternyata menyediakan. Kalo misal kalian berniat untuk nyuci sendiri sih gak papa bawa, lumayan hemat bujet.
  8. Alat cukur kalo misal kalian harus mencukur setiap hari.
barang penting traveling

Handuk Microfiber lumayan cepat kering

Pakaian

Sesuaikan pakaian yang kalian bawa dengan tempat yang kalian tuju. Kalo misal kalian pergi ke tempat dingin ya bawa pakaian yang tebal. Saya sih kemarin keliling ASEAN bawa kaos aja. Bahkan, saya bawa flannel akhirnya tak terpakai karena di jalan panas banget. Intinya, menyesuaikan daerah tujuan aja.

  1. Kaos. Saya kemarin bawa kaos 5 (sama yang dipake). Kenapa? Karena saya berusaha memberi ruang di tas biar barang bawaan gak banyak-banyak. Itulah kenapa bawa deterjen itu penting, jadi bisa nyuci di sana. Bahkan, saya beberapa kali kemarin satu baju dipakai dua hari. Haha
  2. Flanel. Saya kemarin bawa 1 dan tidak terpakai. Karena emang ASEAN panas banget apalagi saya selalu berpindah tempat.
  3. Jaket. Bawalah jaket lumayan kalo mau tidur di bus, karena emang AC di bus malam-malam itu bakal dingin banget.
  4. Sarung. Wajib ya, karena bisa berguna untuk banyak hal. Selain bisa digunakan untuk ibadah, bisa kalian gunakan kalo misal di hostel banyak nyamuk tapi gak ada selimut.
  5. Celana. Saya bawa 1 celana panjang jeans dan 1 celana pendek. Gak usah banyak-banyak, karena menurut saya celana gak terlalu tercium kalo bau dan kotor.
  6. Buff. Lumayan berguna selama di bus, bisa nutupin muka kalo lagi tidur.
  7. Topi. Enak digunakan selama traveling, lumayan kalo jalanan panas gak langsung menyorot ke muka. Sayangnya kemarin topi saya hilang di Malaysia, jadi terpaksa make buff kalo lagi panas-panasnya.
  8. Celana dalam. Saya menyarankan untuk bawa celana dalam sekali pakai beberapa, lumayan bisa mengurangi beban walaupun sedikit.
  9. Sepatu. Cukup satu aja lah ya, kan bukan buat gaya-gayaan. Apalagi tas carrier juga gak bakalan muat kalo mau bawa lebih dari satu. Selain itu bawalah satu sandal jepit, lumayan kalo tiba-tiba ada banjir atau hujan di jalan bisa ganti jadi sepatu masih bisa terpakai. Kalo misal mau lebih simpel bisa bawa sandal gunung. One fit for all.

Perlengkapan Gadget

Perlengkapan ini bisa jadi sangat penting kalo kalian memang membutuhkannya. Tapi kalo kalian emang mau get lost, ya gak ada salahnya ini dijadikan perhatian.

  1. Gadget
  2. Charger. Kalo bisa cari charger yang 3.0 jadi ngecas-nya lebih cepet.
  3. International plug. Inilah yang terpenting, karena beberapa Negara seperti Singapura harus menggunakan kaki 3. Jadi, beli international plug yang punya opsi banyak.
  4. Power bank. Penting apalagi kalo gadget-mu baterainya cepat habis.
  5. Headset. Bakal jadi hiburan selama backpacking.
  6. Kamera. Saya kemarin bawa kamera DSLR beserta charger dan lensa tambahan. Kalo kalian gak seneng bawa kamera, abaikan saja.
  7. Tripod. Awalnya saya berfikir untuk mengambil banyak long exposure, tapi ternyata tidak terlalu terpakai karena akhirnya saya menggunakan cuman di Kamboja. Ngelepas dan masang tripod jadi terlalu rumit karena bawa carrier berat. Yang jadi pertanyaan, boleh gak bawa tripod? Boleh. Asalkan berat tasmu gak jadi lebih dari 7 kg dan dimensi tripod sama dengan tas.
barang penting traveling

Charger dengan international plug

Kosmetik

Karena saya laki-laki jadi barang bawaan ini gak terlalu banyak ya. Saran saya sih jika kalian perempuan, gak usah terlalu dandan mencolok ya karena bisa saja memancing orang lain untuk berbuat tidak menyenangkan. Jadi, berdandan biasa aja seperti traveler pada umumnya.

  1. Deodorant. Penting kalo terpaksa gak mandi.
  2. Parfum
  3. Tisu basah. Penting kalo misal tiba-tiba gak ketemu air dan bisa dipakai untuk cuci muka
  4. Sabun cuci muka. Biar wajah selalu bersinar walaupun dekil~
  5. Sunblock. Bisa yang SPF 30 biar setelah traveling gak item-item banget.
  6. Hand Sanitizer. Beberapa orang sebelum makan harus tangan steril bisa bawa ini. Saya sih gak bawa karena yang penting bersih aja.
  7. Sunglasses. Bisa dipakai kalo lagi terang banget atau buat gaya.

Aksesoris lain bisa disesuaikan dengan individu masing-masing ya.

Aplikasi

Beberapa aplikasi sangat penting apalagi kalo kalian solo traveling.

  1. Traveloka atau com. Digunakan kalo misal kalian harus booking tiket atau akomodasi secara mendadak.
  2. Google Maps. Sebelum berangkat, pastikan kalian sudah download secara offline peta di tempat yang kalian tuju. Jadi, kalian bisa melihatnya tanpa perlu menggunakan internet.
  3. Google Translate. Penting apalagi kalo kalian traveling ke tempat yang bahasa inggris bukan bahasa utama. Download offline bahasa lokal jadi kalian gak harus kebingungan ketika di sana.
  4. Couchsurfing. Bisa digunakan untuk mencari host atau teman warga lokal.
  5. Ojek online. Bisa digunakan di beberapa Negara, tapi butuh koneksi internet.

Aksesoris Lain

Ada beberapa aksesoris lain yang bisa kalian jadikan bahan pertimbangan.

  1. Tas anti maling. Tas ini bisa buat kalian meletakan paspor dan barang berharga lain biar gak mudah kecolongan.
  2. Ikat pinggang tersembunyi. Ada juga ikat pinggang yang bisa kalian letakan uang.
  3. Plastik vakum. Bisa berguna biar pakaian tetap rapih tidak lecek.
  4. Gembok. Sangat penting dipasang di tas selama backpacking, karena dimanapun perjalanan pasti tetap ada yang berniat jahat.
  5. Kantong kresek. Buat jaga-jaga kalo misal ada yang tiba-tiba basah.
  6. Salinan KTP dan paspor. FC sebelum berangkat dan disebar di tas yang kalian bawa. Ini penting untuk jaga-jaga jika paspor hilang dan mengurusnya lebih mudah kalo ada salinannya.
  7. Buku catatan. Ini penting untuk saya mencatat semua pengeluaran dan itinerary perjalanan saya.
  8. Buku bacaan. Selama menunggu, misal menunggu pesawat, saya senang membaca buku. Jadi, saya bawa satu buku untuk dibaca ketika senggang.
  9. Botol minum. Bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran. Apalagi di Singapura dan Malaysia ada banyak water refill
  10. Pengait. Bisa ditempel di tas bisa berguna untuk apapun.
barang penting traveling

Tas anti maling buat letakan paspor dan barang penting.

barang penting traveling

Plastik vakum untuk baju

barang penting traveling

Pengait serbaguna.

Barang-barang di atas adalah semua barang yang saya bawa dan rekomendasikan selama traveling dengan backpack. Semua barang tersebut jika disusun dengan benar bisa kok muat ke dalam tas carrier 40l yang saya bawa dan 1 backpack kecil ukuran 18l. Bahkan, bisa membawa beberapa oleh-oleh sepulang perjalanan. Barang-barang tersebut mayoritas saya beli di JakMall dengan harga miring.

Merasa ada barang lain yang penting untuk kalian? Silahkan tambahkan di kolom komentar ya!

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *