keliling Asia Tenggara

13 Hari Keliling Asia Tenggara: Itinerary Part 1

Keliling Asia Tenggara sepertinya menjadi target para traveler karena mudah dan murah. Mudah karena gak perlu capek-capek ngurusin visa dan murah karena kurs-nya gak beda jauh sama Indonesia dan tiket pesawat yang relatif lebih murah dibanding keluar Asia Tenggara. Sebenernya, seberapa murah sih keliling Asia Tenggara?


Sebenernya ada beragam Negara yang bisa kalian pilih kalo pengen backpacking keliling Asia Tenggara. Tapi, menurut saya yang paling mudah ya beberapa Negara yang satu daratan, terutama di daratan Indocina, mulai dari Vietnam, Cambodia, dan sebagainya. Itu karena memilih Negara itu bisa lebih hemat karena gak harus make perjalanan udara yang notabene lebih mahal, kayak Filipina ataupun Malaysia bagian Serawak. Kamu bisa milih jalur darat, baik bus maupun kereta, yang notabene lebih murah.

Saya yang baru menyelesaikan kuliah dan punya sedikit waktu luang pun tertarik untuk backpacking keliling Asia Tenggara. Idenya dimulai dari ada beberapa temen yang kepikiran untuk traveling keliling Asia Tenggara yang membuat saya tertarik. Apalagi saya punya beberapa temen di Asia Tenggara yang bisa jadi β€œguide” di Negara yang asing bagi saya. Tapi, karena beberapa temen yang kepikiran untuk traveling itu orangnya sibuk, saya pun merencanakan trip ini sendiri. Mulai dari menentukan pilihan Negara yang ingin dikunjungi, jumlah hari, tempat yang ingin didatangi, sampe uang yang akan dihabiskan.

DESTINASI NEGARA

Pilihan saya pun akhirnya jatuh ke lima Negara, yaitu Singapore-Malaysia-Thailand-Cambodia-Vietnam. Lima Negara tersebut pun saya kunjungi dalam waktu 12-14 hari. Pemilihan Negara tersebut pun beralasan. Pertama, pemilihan Singapore-Malaysia-Thailand kayaknya gak perlu dijawab lah. Tiga Negara tersebut kayaknya jadi destinasi wajib traveler Indonesia kalo mau ke luar negeri karena terjangkau.Β  Milih Kamboja pun lebih karena tertarik untuk menikmati sunrise di Angkor Wat yang terkenal indah. (dan akhirnya kejadian) Pemilihan Vietnam lebih karena beberapa merekomendasikan Vietnam sebagai negara yang enak dan saya tertarik.

Kurang lebih pemilihan 5 negara itu karena beberapa traveler lebih sering ke Negara tersebut, jadi lebih gampang untuk riset. Selain itu juga waktu yang dimiliki gak banyak banget jadi menghindari Negara yang banyak tapi gak menikmati perjalanan.

Sebenernya ada beberapa opsi lain dalam memilih jalur yang diinginkan, karena selama perjalanan saya menemukan beberapa traveler asal Indonesia yang mengambil rute berbeda

  1. Malaysia-Thailand-Cambodia-Vietnam-Singapore

Pemilihan rute ini lebih ke ongkos perjalanan yang lebih murah. Karena jika kamu beruntung bisa dapet tiket Jakarta-Malaysia lebih murah dari Jakarta-Singapore. Selain itu, beberapa maskapai juga memberikan harga lebih murah dalam penerbangan dari Vietnam-Singapore karena banyaknya traveler dari Ho Chi Minh-Singapore dibanding ke Jakarta. Alasan lain sih karena uang, apalagi di Singapore gampang khilaf, jadi beberapa traveler memilih Singapore sebagai destinasi terakhir biar uang yang tersisa gak terlalu banyak gitu.

  1. Malaysia-Vietnam-Thailand-Cambodia-Malaysia-Singapore

Saya ketemu traveler asal Jogja yang mengambil rute ini. Ia mengambil rute ini karena dapet tiket promo dari Jogja-KL sebesar 300 ribu dan KL-Ho Chi Minh sebesar 300 ribu. Bandingin sama tiket Ho Chi Minh-Jakarta yang paling murahnya 900 ribu.

PRO TIPS:

Dalam memilih rute Negara, coba pikirkan beberapa opsi penerbangan gak cuman satu Negara. Misalnya, kota KL ataupun Bangkok yang sering jadi tujuan traveler sehingga sering banyak promo. Kalo misal dapet tiket promo, langsung aja beli tiketnya biar nanti rute perjalanan bisa menyesuaikan.

Kalo saya sih tetep milih rute SG-Malaysia-Thailand-Cambodia-Vietnam karena saya ingin menikmati Vietnam di akhir dalam waktu yang lebih lama dan ingin merasakan perbedaan budaya dan kebiasaan yang semakin hari semakin berbeda.

PEMILIHAN WAKTU

Setiap traveler beragam dalam pemilihan waktu. Ada yang ingin cepet-cepet pindah kota (biasanya sehari), ada yang ingin lama-lama di suatu kota karena nyaman dan ingin memahami lebih dalam kultur di kota tersebut. Pilihan saya pun akhirnya jatuh ke 13 hari berkeliling. Ada yang sehari satu kota, tapi ada juga yang satu kota empat hari.

Pilihan 13 hari pun lebih karena setelah menyelesaikan skripsi ingin refreshing sejenak tapi gak lama-lama karena banyak tanggungan lain yang harus diselesaikan. Begitupun kalo kamu udah kerja dan batas cuti hanya 14 hari, ya 10-12 hari mungkin pilihan yang tepat untuk traveling.

Untuk pemilihan bulan kalo bisa jangan pas high season kayak waktu liburan karena harga tiket pesawat pasti lebih mahal dan makin banyak turis, bikin kamu gak bisa nikmatin traveling. Selain itu juga jangan pilih waktu musim hujan seperti bulan November-Desember. Kalo saya sih kemarin beruntung cuman dapet hujan pas di Kuala Lumpur doang, lainnya matahari terik hehe

Beginilah itinerary umum saya. Jika ingin mengetahui itinerary awal saya sebelum berangkat, bisa letakan email di kolom komentar, nanti saya kirimkan.

DATA ITINERARY UMUM

Hari ke-/TanggalLokasi00.00 - 06.0006.00 - 12.0012.00 - 18.0018.00 - 24.00
1 / 28 Oktober 2017JKT-SINDeparting JKT (20.00 - 22.00) SIN Arriving
2 / 29 Oktober 2017SingaporeTidur di Changi AirportMandi di NUS (Asrama temen)
Ke Merlion Park
Orchard Road
Chinatown
Little India
Bugis Street
Bus Queen Street Terminal - Larkin (20.00)
Bus Larkin - TBS Kuala Lumpur (23.59)
3 / 30 Oktober 2017Kuala LumpurTidur di busTBS ke KL Sentral (Pusat kemanapun)
Ke Batu Caves
KL Sentral menunggu hujan redaSuria KLCC
Petronas Twin Tower
Bus TBS - Hatyai (23.00)
4 / 31 Oktober 2017HatyaiSampai di Hatyai (07.00)Istirahat di rumah warga lokal
Kimyong Market
Stasiun beli tiket kereta
Ke Hatyai Municipality Park
Menuju Bangkok (16.30)
Hatyai - Bangkok
5 / 1 November 2017BangkokSampai di Bangkok (06.00)Menuju The Street HostelWat Chanasongkhram
Grand Palace
Wat Arun
Wat Pho
Khaosan Road
6 / 2 November 2017BangkokTidur di The Street HostelMenuju terminal Chatuchak
Bus ke Siem Reap (09.30)
Sampai di Siem Reap (16.30)
Menuju Luxury Concept Hostel
Pub Street
Berkeliling Night Market
7 / 3 November 2017Siem ReapSunrise Angkor Wat (04.30)Bayon Temple
Ta Phrom Temple
Bersepeda di sore hari
Angkor National Museum
Angkor Night Market
Sleeper bus ke Phnom Penh (23.30)
8 / 4 November 2017Phnom PenhSampai Phnom Penh (05.30)Wat Langka
Independence Monument
Wat Botum
Royal Palace
Wat Phnom
Water Festival di Tonle Sap River
Central Market
Menuju HCMC (15.30)
Sampai Ho Chi Minh Ciy (21.00)
9 / 5 November 2017Ho Chi Minh CityTidur di HewaHome HostelWar Remnant MuseumCoffeeshop
General Post Office
Saigon Book Street
Saigon Cathedral Notredame
City Hall
The Walking Street
10 / 6 November 2017Ho Chi Minh CityTidur di HewahomeMenuju ChinatownThien Hau Pagoda
Ben Thanh Market
11 / 7 November 2017Ho Chi Minh CityTidur di HewaHomeRelax di hostelGeneral Post Office
Independence Museum
Coffeeshop
Bookstore
12 / 8 November 2017HCMC - SINTidur di HewaHomePesawat HCMC - SIN (09.20)
Sampai di Changi (12.20)
Free Singapore Tour (18.30 - 22.00)
13 / 9 November 2017SingaporeTidur di Changi AirportPesawat ke Jakarta (08.20)
Sampai di Jakarta (09.20)


NOTE:

Itinerary di atas adalah catatan perjalanan, itinerary persiapan saya tidak dilampirkan. Jika ingin melihat bisa tinggalkan e-mail di kolom komentar nanti saya kirimkan.

TOP TIPS:

Saran saya dalam menyusun itinerary harus jelas, bagaimana cara berpindah dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya, ataupun berapa tiket masuk ke tempat wisata. Selain itu jumlahkan semua uang yang akan dihabiskan karena sebelum berangkat kamu harus menukar mata uang ke money changer.

Dalam menukar uang selalu sediakan biaya tak terduga karena bisa aja ada hal yang terjadi di luar keinginanmu (seperti kejadian saya di Malaysia dan Thailand yang nanti akan saya ceritakan di artikel lainnya)

Selalu sediakan waktu satu hari untuk leyeh-leyeh dalam perjalanan biar gak merasa jenuh. Selain itu juga hal itu penting untuk tetap menjaga kondisi agar tetap fit selama perjalanan.

Tapi, itinerary hanya rencana. Buktinya gak semua itinerary yang saya susun di awal tidak terlalui semua karena selama perjalanan ada beberapa pilihan yang harus kamu pilih, misalnya saya yang bertemu warga lokal di Hatyai dan bertemu teman traveler dari Swiss di Kamboja. Menurut saya berbincang dengan mereka dan berbagi banyak hal lebih menarik daripada mengunjungi tempat wisata. Ataupun pertimbangkan faktor non-teknis lain seperti hujan ataupun bus yang bisa mogok di tengah jalan.

TEMPAT WISATA

Untuk membuat itinerary yang rinci pun diperlukan riset mendalam mengenai tempat wisata di kota tersebut. Berbeda jika kamu emang ingin spontan dan tidak merencanakan apapun, seperti kebanyakan traveler dari Eropa yang punya waktu dan uang lebih, jadi mereka berkunjung ke suatu Negara dalam waktu yang lama (biasanya 2 minggu atau lebih) dan tidak memiliki rencana. Modal mereka biasanya hanya buku Lonely Planet yang tebal untuk dibaca di jalan.

Tapi jika kamu tidak memenuhi kriteria di atas (memiliki waktu dan uang lebih) ada baiknya menentukan lebih dulu tempat yang ingin dikunjungi, selain agar perjalanan lebih terencana, menutup kemungkinan kena scam oleh warga lokal (terutama di Kamboja). Misalnya, telah riset harga tuk-tuk untuk berkeliling Angkor Wat seharian yang biasanya hanya 10 USD. Sedangkan banyak supir tuk-tuk yang menawarkan harga hingga 25 USD.

Dalam itinerary yang saya buat ini, saya ikut mencantumkan tempat yang tidak saya kunjungi namun saya rekomendasikan, beserta harga tiket masuk yang telah saya riset sebelumnya. Jika ingin men-download itinerary tempat wisata bisa klik sini.

TEMPAT WISATA:

Lokasi Nama Tempat WisataTiket Masuk (Yang saya kunjungi)Tiket Masuk (Yang Tak dikunjungi)Info tambahan
SingaporeFix Places (Yang saya kunjungi)Merlion ParkFREE
Orchard RoadFREE
ChinatownFREE
Sri Mariamman TempleFREE
Little IndiaFREE
Bugis StreetFREE
Recommended Places (Bisa dikunjungi)Sentosa Island10 SG$Butterfly park, etc.
Universal Studio76 SG$1-day pass
Kampoeng GlamFREE
National Museum15 SG$
Singapore Art Museum10 SG$
Fort Canning ParkFREE
Hort ParkFREE
Kuala LumpurFix Places (Yang saya kunjungi)Batu CavesFREE
KLCCFREE
Petronas Twin TowerFREE
Recommended Places (Bisa dikunjungi)ChinatownFREE
Masjid JamekFREE
Lapangan MerdekaFREE
Bukit BintangFREE
National Museum5 RM
HatyaiFix Places (Yang saya kunjungi)Hatyai Municipality ParkFREE
Kimyong MarketFREE
Recommended Places (Bisa dikunjungi)Hatyai Municipality Park Temple1500 THBHarus naik Gondola Cable
Wat Hatyai NaFREE
Wat TawornFREE
BangkokFix Places (Yang saya kunjungi)Wat ChanasongkramFREE
Grand Palace500 THBMasuk harus bayar, tapi kalo gak punya uang bisa dari luar
Wat Arun50 THB
Wat Pho100 THB
Khaosan RoadFREE
Recommended Places (Bisa dikunjungi)Asiatique Riverfront400 THB
Chatuchak MarketFREEBuka hanya weekend
National Museum200 THB
Jim Thompson House150 THB
Madame Tussauds540 THB
Wat Traimit40 THB
Siem ReapFix Places (Yang saya kunjungi)Angkor Wat37 US$37 US$ 1-day-pass. Bisa berkunjung ke semua temple
Bayon Temple
Ta Phrom Temple
Wat PreahFREE
Wat PoFREE
Siem Reap National Museum12 US$
Pub StreetFREE
Angkor Night MarketFREE
Recommended Places (Bisa dikunjungi)Wat ThmeyFREE
Road 60FREE
Angkor Panorama Museum15 US$
Temple lain di Angkor
PhnompenhFix Places (Yang saya kunjungi)Wat LangkaFREE
Independence MonumentFREE
Royal Palace10.25 US$
Wat BotumFREE
Wat PhnomFREE
Central MarketFREE
Recommended Places (Bisa dikunjungi)National Museum10 US$
Tuol Sleng5 US$Genocide Museum
Wat OunalomFREE
Tuol Tom MarketFREE
Ho Chi Minh City/ Sai GonFix Places (Yang saya kunjungi)General Post OfficeFREE
Cathedral NotredameFREE
City HallFREE
The Book StreetFREE
The Walking StreetFREE
War Remnant Museum15.000 VND
Independence Palace40.000 VND
ChinatownFREE
Thien Hau PagodaFREE
Pham Ngu Lao StreetFREETourist street district 1
Saigon RiverFREE
Municipal TheatreFREE
Ben Thanh MarketFREE
Recommended Places (Bisa dikunjungi)Semi Circular LakeFREE
Bitexco Financial Tower200.000 VNDMelihat HCMC dari tower
Phu My HungFREE
Jade Emperror PagodaFREE
Mariamman Hindu TempleFREE
Cu Chi Tunnel110.000 VND
HCMC Museum15.000 VND
Fine Art Museum10.000 VND

TOTAL HARGA TEMPAT WISATA

TotalDalam Rupiah
150 THB60.000
60 US$815.000
55.000 VND35.000
TOTAL910.000

Kurang lebih begitulah itinerary umum yang telah saya buat. Itinerary ini hanya part pertama, saya hanya mencantumkan harga dari tempat wisata. Untuk membaca part selanjutnya, silahkan klik link di bawah ini.

PART 2 – Transportasi

PART 3 – Makanan

PART 4 – Penginapan & Total Dana yang Dihabiskan

Kalo misal ada pertanyaan seputar itinerary, tips, ataupun berbagai hal lain yang berhubungan dengan travel di Asia Tenggara, bisa tanya lewat kolom komentar ya. Sebisa mungkin nanti saya jawab.

Article by fauziananta1

Masih dalam proses belajar digital marketing dan strategi branding.

This Article Has 26 Comments
  1. […] ini adalah itinerary lanjutan dari bagian sebelumnya di sini. Pada bagian ini saya akan membahas mengenai transportasi, baik untuk antar kota dan Negara, maupun […]

  2. Hijrauly says:

    Nice tips mas!

  3. […] saya keliling Asia Tenggara selama 13 hari dimulai dari Singapura. Negara yang banyak jadi destinasi traveler Indonesia saat […]

  4. Edel says:

    Detail bangat informasinya mas. Sukses terus ya…

  5. Nova says:

    Kok ketje sih 13 hari keliling 5 negara zi, fix bakal sering tanya kamu kalo mau backpaker lagi

  6. […] ada yang tertarik untuk melihat itinerary saya selama keliling Asia Tenggara. Jika ada pertanyaan juga bisa langsung tanyakan saja ya di kolom […]

  7. Bara Anggara says:

    whoaa, lumayan lengkap nih itinerarynya.. bisa dijadikan acuan pas keliling ASEAN nanti..

    -Traveler Paruh Waktu

  8. […] 13 Hari Keliling Asia Tenggara: Itinerary Part 1 posted on November 11, 2017 […]

  9. Tia says:

    Wah mau ya versi lengkapnya di email..bisa jd guide nih klo emak2 macam saya mau plesirin 5 negara

  10. Tere Tjong says:

    Bro.. bisa tlg email yg itinerary nya sama hrg tiket masuk t4 wisata yg d kunjungi /tdk d kunjungi. Email: [email protected]
    Thanks b4 yaa

  11. Hanna says:

    Ka fauzi bole minta list budget dri tiket ama pengeluaran dsna ga?kra kra mengeluarkan brp rupiah?sama itenary kk ..mksh ka

  12. Hajiji says:

    Keren Bro, boleh minta iteniry nya gk? kirim ke email w yah? sklian rute untuk ke malaysia – singapoer lwt jalur darat hehe. kebetulan nanti tgl 31 Mei – 5 Juni saya mau ke 2 negara. tahnks

  13. Peter says:

    Luarr biasa mas,, tolong ya email itin lengkapnya, salam Backpacker

  14. Inas zahra says:

    Selamat malam mas,boleh dikirimi itinerary ke [email protected]? Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *